CATATAN MENGENAI SEJARAH DAN SILSILAH KE-OPU-AN SELAYAR


Asal muasal Ke-opu-an Selayar tidak terlepas dari cerita-cerita dalam Epos  I La Galigo dan beberapa nama kampung/tempat yang tersebut dalam alur cerita dalam Epos  I La Galigo tersebut, tersebutlah beberapa nama orang serta kampung atau tempatnya yang patut diduga sebagai Selayar seperti Laweda Ijeng ri Silaja La Paduwai To Alalae Ri Buki Tengga (Silaja) We Rukkapoti Ri Silaja, Sida’manasa To Buki’, Daéng Pute’ To Buki’  dan Banyapaguling dari Mancapait.

 

Mengenai nama Silaja hampir semua ahli sejarah mengartikan kata terserbut adalah Selayar. Begitu juga nama  Buki’ dan Buki Tengnga tidak ada literatur yang menyebutkan Kampung/tempat Buki’, Buki Tengnga di tempat lain kecuali yang ada di Pulau Selayar. Perkataan “ Buki’ “ berasal dari kata Bugis Makassar Kuno yang sering dipakai sebagai kata ganti Lo’ atau Maelo yang berati Mau. Arti lain kata Buki' adalah sebuah komunitas di wilayah utara Pulau Selayar.

 

Berbeda dengan Kampung/tempat Mancapait, ada tiga tempat yang kemungkinan yang di maksud Mancapait, Mancapait pertama yang berlokasi di Jawa Timur para ahli sejarah menyebutnya Majapahit.   Mancapait kedua adalah  yang berlokasi di Kolaka Utara Sulawesi Tenggara dengan nama Majapahit.  Dan mancapait yang ketiga adalah Majapahit yang berlokasi di kec. Pasimarannu Kabupaten Selayar.

 

Tersebutlah bahwa Sawerigading bersama La Tenriranreng yang merupakan Penasehat Utamanya sekaligus Iparnya melakukan perjalanan pelayaran untuk mencapai negeri Cina, beberapa negeri yang disinggahinya seperti Jawaulio (Buton), Silaja (selayar) dan Mancapait dan lain-lain, dan di Mancapait inilah Sawerigading  mengalahkan musuh pertamanya di laut bernama Banyapaguling dari Mancapait. Keterangan selanjutnya bahwa di Selayar inilah keturunan La Tenriranreng (Kakak Kandung We Cudai) tersebar, Berikut silsilahnya.

 

Di mulai dari La Tenriangke Ajirisompa Batara Ile Taliunna Langi menikah dengan We Tenribilang melahirkan anak : La Settungpugi Ri Malimongan Datu Cina.

 

Kemudian La Settungpugi Ri Malimongan menikah dengan We Tenriabang melahirkan anak sebanyak 15 orang diantaranya anak tertuanya adalah La Tenriranreng ri Baringeng-Bakkepute dan anak bungsunya adalah We Cudai.

 

La Tenriranreng Panrepatanga To Tenridio Opu Lagusi ri Baringeng-Bakkepute menikah dengan We Duppasugi I Weonia Opu Lagusi melahirkan dua orang anak, anak bernama La Paduwai To Alalae Ri Buki Tengnga (Silaja) kemudian anak adalah We Tongeng Langi Bissu Lolo To Laju (To Maros). Kemudian We Tongenglangi Bissulolo To Aju (To Maros) menikah dengan La Pammusureng Datunna Laju (Datunna Maros) melahirkan dua anak, anak bernama We Rukkapoti I Ri  Silaja (Selayar) dan anak yang adalah Sida'manasa To Buki '(Selayar). La Paduwai Kepada Alalae Ri Buki Tengnga (Silaja) menikah dengan Rajamulia Tenripawali melahirkan anak To Rukkapoti II.


Kembali ke We Tenri Rua. Kami Tenri Rua menikah dengan La Temmamala To Lampoko ri Lompo ', kemudian menikah lagi dengan La Pawakkari Ri Wengeng kemudian melahirkan anak, anak pertama bernama La Pammusureng Datunna Laju (Datunna Maros) anak kedua bernama La Palajareng To Apesessung ri Wengeng.


La Pammusureng Datunna Laju (Datunna Maros) menikah dengan We Tongeng Langi Bissu Lolo To Laju melahirkan anak satu bernama We Rukkapoti Ri Silaja (Selayar), kedua bernama Sida'manasa To Buki '(Selayar).


Selain keturunan La Tenriranreng (Kakak Kandung We Cudai) ada pula keturunan Sawerigading. Ini bermula dari perkawinannya Sawerigading dengan We Carimpau Tenrilinrunge ri Lempang melahirkan anak bernama Tenriawaru atau dalam Epos juga di kenanal dengan nama We Wakkawaru Daeng Paraga Datunna Lempang, Kemudian We Wakkawaru Daeng Paraga Datunna Lempang menikah dengan La Sulolipu Sangadi Botto Sinaungpanjung melahirkan anak yang Mulia .

Rajamulia Tenripawili menikah dengan La Daeng Lolo To Majang kemudian menikah lagi dengan La Paduwai To Allalae Ri Buki 'Tenga (Selayar) melahrkan anak bernama To Rukka Poti (2) Ri Silaja (Selayar).


Sampai disinilah catatan Epos I Lagaligo mengenai Selayar. Istri Sawerigading yang lain adalah We Cudai, We Cudai menikah dengan Sawerigading melahirkan beberapa anak diantaranya We Tenridio, We Tenri Balobo dan La Galigo Mengenai anak-anak mereka yang tersebut di dalam Epos tidak ada satupun anaknya yang berdiam di Selayar.


 

Setelah pengaruh Sawerigading dalam epos Ilagaligo berahir, maka masyarakat Selayar, sebagaimana halnya masyarakat Sulawesi Selatan pada umumnya terjadi kekosongan kepemimpinan, maka lahirlah pemimpin-pemimpin anang/kampung/wanua di daratan Selayar hingga ke pelosok-pelosok kepulauan.

 

Di samping itu, perhubungan masyarakat Selayar dengan Kedatuan Luwu sangat erat, mengingat dengan adanya hubungan kekerabatan kerajaan Luwu dengan dengan negeri lain seperti La Tenri Tatta ri Gima (Bima, Nusa Tenggara), La Tenri Peppang ri Wadeng (Gorontalo) Topangkelareng ri Taranati (Ternate), La Temmadatu ri Butung (Buton, Sulawesi Tenggara),  Puang Pongkopadang ri Pitu Babanna Binanga (Sulawesi Barat),  Guru La Sellang Puang Palipada ri Massenrengpulu (Enrekang), maka dengan posisi letaknya yang berada di tengah jalur koneksi laut Kedatuan Luwu tersebut inilah yang menjadikan daratan Pulau Selayar serta pulau-pulau disekitarnya menjadi tempat startegis untuk ditempati bermukim bagi orang Luwu dan secara berkala Kedatuan Luwu mengirim perwakilannya untuk menjadi pengatur keharmonisan orang-orang Luwu yang mendiami pulau tersebut.

 

Pengiriman perwakilan tersebut berlangsung lama dan sampai pada abad ke 15 tersebutlah seorang perempuan yang bernama Opu Daeng Camu’mmu’ yang berasal dari Luwu yang dikirim untuk menjadi  Opu bagi orang-orang Luwu di Selayar. Tidak lama setelah kedatangan Opu Daeng Camu’mmu’ di Selayar,  terjadi pula penaklukan  wilayah Selayar dan sekitarnya dilakukan oleh  I Manriwagau Daeng Bonto Karaeng Lakiyung Tunipallangga Ulaweng sehingga dapat mengusai daratan pulau selayar dan pulau-pulau sekitarnya.

 

Selain penaklukan, terjadi pulah pernikahan antara Daeng Camu’mmu’ Opu Selayar dengan I Manriwagau Daeng Bonto Karaeng Lakiyung Tunipallangga Ulaweng sehingga membuat daerah daratan bagian utara yang kebanyakan didiami oleh orang Luwu dibiarkan tetap di kontrol oleh Kedatuan Luwu dalam bentuk ke-Opu-an, sedangkan  daerah daratan bagian selatan di kontrol oleh Kerajaan Gowa.

 

Keterangan dari H. E. D. ENGELHARD dalam bukunya berjudul MEDEDEELINGEN OVER HET EILAND SALEIJER terbit tahun 1884,  bahwa Raja Gowa Tu-maparisi-kalona bersama pelanjutnya Tu-nipalangga ( I Manriwagau Daeng Bonto Karaeng Lakiyung Tunipallangga Ulaweng ) pernah menaklukkan Selayar. Di dalam buku tersebut di peroleh keterangan sebagai berikut  :

 

De eerste vorst  van Gowa, van wien de kronieken iets met zekerheid inededeelen, was Toemaparisi-kalona (± 1500) die den grondslag legde voor het later zoo machtige rijk. Hij toch onderwierp de kustlanden zoowel ten noorden als ten zuiden van Makassar tot aan Boeloekomba, onderwierp Saleijer en sloot een verbond niet Boni. Onder zijne regeering verschenen de Portugeezen te Makassar van wie het waarschijnlijk is, dat zij eenigen invloed op de binnenlandsclie aangelegenheden van zijn rijk hebben uitgeoefend. Na hem maakte zijn zoon Toe-nipalangga zich meester van de gansche westkust tot het laiidscliap Tontoli of Toli-toli zoonicde van Wadjo en verbond zich met Loehoe.“[14]

 

 

Terjemahan

 

......di Makassar dan tempat lain di wilayah ini, yang mengarah ke tahun revolusi, 1667. Raja  Gowa, yang sejarahnya menorehkan bahwa Tu-maparisi-kalona yang meletakkan dasar bagi kerajaan yang belakangan begitu kuat. dia telah menaklukkan daratan pantai di utara dan selatan Makassar sampai Bulukomba, ditundukkan Saleijer menyusul Bone. Di bawah pemerintahannya muncul. Portugis datang di Makassar yang kemungkinan besar mereka memberi pengaru besar di sektor domistik sehingga dapat berjaya. Setelah itu pelanjutnya  Tu-nipalangga ( I Manriwagau Daeng Bonto Karaeng Lakiyung Tunipallangga Ulaweng ) menguasai seluruh pantai barat hingga ke Tontoli atau Toli-toli dan putra dari Wadjo bersekutu dengan Luwu..........”

 

Dalam penaklukan tersebut terjadi perkawinan antara Opu Daeng Camu’mu’ dari Selayar dengan I Manriwagau Daeng Bonto Karaeng Lakiyung Tunipallangga Ulaweng dari Gowa.  Berikut teks   syair pantun berbalas pada saat acara pelamaran antara perwakilan I Manriwagau Daeng Bonto Karaeng Lakiyung Tunipallangga Ulaweng  dengan  Daeng Camu’mu’ dari Selayar ditulis ulang oleh B. F. MATTHES  dengan judul MAKASSAARSCHE CHRES TO MATHIE. Terbit tahun 1883. Berikut teks syair pantun berbalas tersebut sebagai berikut:

 

Daeng Camu’mmu! Daeng Camu’mmu! Napasurowiko Danga.

Danga apayya?

Manosoka gaja.

 

Teya ridanga. Pabubulang-ja’ inakke. Makanan tonja’ manyoweyang Sangko pa’pa.  Ma’pa’le tongja’ ma’ta’kang bulo silasa. Ma’pa’ja tongja’ ma’sara’udo’mpado’mpa.

 

Pungkongdo bileng. Siyapa ba’lang nuwesa’? 

Ruwaji ba’lang kuwesa’. Kuke’ro’ bangkeng. Kutamba’ tamba’ kanuku. Nakumanggappa ba’le ba’lang ruwa kayu.

 

Pumba’le ba’lang. Kupaenangko ri pe’pe’. Lonnu ma’ba’mbang. Kuriyoko ba’llo a’lling. Lo’nu madingin. Kubo’long bo’longko puca. Lo’nnu nibo’ne ripiring bunga paranggi. Lo’nnu nabi’bi’  kare’meng ma’tutungle’bong. Lo’nnu mantama ribawa a’na’ karaeng. Lo’nnu naca’ma bibere ma’to’weto’we. Lo’nnu nala’tu gi’gieja a’ri-annang. Lo’nnu mantama ri kallong ma’le’re’ le’re. Lo’nnu ma’naung ri battang lanting pano’wang. Lo’nnu ma’su’lu ripa’ja ma’lisu so’ngko’. 

 

Pumbantino’tto’! siyapa ro’mang nuso’so’? 

Ru’waji ro’mang kuso’so’.nasa’ra’ da’lle’. Na kumangga’ppa ru’wa ba’tu. Ru’wa  kayu. Se’re paballe. Se’re pakape sumanga’.

 

Inai a’na’. Lanukape sumanga’na?

Ana’na Gowa. Je’nekale’nna Lakiyung. 

 

Kurruke ja’ngang. Ritujunnako ida’eng. To’tto’ garrinna. Balebe’sangi  sawa’nna. Nanu ri’ba’kkang cila’katama’tuwa’na.

 

Bangke’nnu. Kondo buleng! Ko’ntuwi  laiya. Bonggannu. Ku’ndo! Ko’tuwi pape’pe’ ba’nnang. Ingko’nnu. Ko’do! Kontuwi buyang nila’ppa’. Dongko’nu ko’ndo! Ko’ntuwi sorongang jawa. Bulu’nnu ko’ndo. Ko’ntuwi jarung paniti. Kanyinu. Ko’ndo! Ko’ntuwi kipasa’ gading. Dada’nu. Ko’ndo buleng! Ko’ntuwi capa’ru gading. Kallo’nnu. Ko’ndo! Ko’ntuwi ulara’ je’ne. Ulunnu. Ko’ndo! Ko’ntuwi pase’ro’ minya’. Mata’nnu. ko’ndo bu’leng. Ko’ntuwi intang ta’ke’we’. Totto’nu. Ko’ndo! Ko’ntuwi sipi bulaeng. Lila’nu. Ko’ndo! Ko’ntuwi i’ru’ iru’kang. Parrunu. Ko’ndo! Ko’ntuwi gallang niye’ka’.  Ate’nnu. Ko’ndo! Ko’ntuwi kamangnyang ba’u’. Ampe’rengannu. Ko’ndo! Ko’ntuwi pamone’yang nisumpa. Rappo’nnu. Ko’ndo! Ko’ntuwi subang ri to’li. Tainnu. Ko’ndo bu’leng. Ko’ntuwi pale’yo’ ba’sa.

 

Daeng Camu’mu’! Daeng Camu’mu’! Ka’do’lalomi ka’do’nu.  Po’ro sika’de. Po’roiyang ribawa’nu! Pale’me’ le’me’. Nama’naung rikallo’nnu. Nasiko’ntumo ma’sau. Nate’yamo masiga. Nama’te’nemo pama’i. [15]

 

 

TERJEMAHAN

 

(Wanita itu :)

Daeng Camu’mmu’! Daeng Camu’mmu’! Seekor  Burung Nuri  memiliki pesan untukmu.

 

 

(Daeng Camu’mmu’ menjawab :)

Maksudnya  Burung Nuri Apaan

(Wanita itu :)

Burung Nuri yang perkasa seperti  gajah besar.

 

 

(Daeng Camu’mmu’)

Saya tidak mau sama Burung Nuri yang perkasa itu. Saya hanya salah satu  tukang kebun dan hanya tahu bagaimana menangani bambu sangko, namun saya juga tahu hanya milikku terbuat dari sebatang bambu (Artinya: Daeng Camu’mu  menganggap dirinya orang terlalu lemah).

Wajahku yang hitam manis ini juga bisa melihat dan membandikan kepalaku dengan  Saraung Do’mpado’mpa (topi petani).

 

 

(Sekarang Daeng – Camu’mmu melihat burung lain kemudian ia berbicara :)

Oh  bangau putih! Berapa banyak sungai yang sudah engkau  dikeringkan?

 

 

 

(Bangau menjawab :)

Saya hanya mengeringkan dua sungai. Aku meraupnya dengan kakiku. Aku menimbanya  dengan  kakiku dan cakarku, dan menangkap dua ikan Ba’lang.

 

 

(Sekarang Daeng Camu’mmu’ membahas kedua ikan itu :)

 

Oh  Ikan Ba’lang! Aku akan membaringkanmu di atas api sampai enkau hangat, Aku akan menyiram  dengan cuka. Dan kemudian saat enkau dingin, Saya membungkusmu dengan daun Puca, dan diletakkan di atas piring bercorak bunga paranggi, Kemudian kamu akan dimakan dengan jari yang lentik, dan masuk dimakan anak Karaeng,  di di masukkan ke dalam lalu di kunyah gigi yang rapih, hingga halus. Kemudian di telan measuk keleher  yang Ma’lere’lere dan berjenjang indah sampai keperut yang ramping. dan akhirnya di buang.

 

 

(Kemudian Daeng Camu’mmu’ menemukan seekor burung Bantino’tto’ (Burung Pelatuk)!  , yang sedang sibuk membenturkan paruhnya ke batang pohon; dan berbicara dengannya:)

Hai! Bantino’tto’ (Burung Pelatuk)!  berapa banyak hutan yang telah engkau bersihkan?

 

 

 

(Bantino’tto’ menjawab: )

Hanya dua hutan yang saya bersihkan sudah terbenam matahari, Tetapi saya telah menemukan dua batu, dua kayu, satu obat, satu penenang jiwa.

 

 

(Daeng Camu’mmu’, dan  wanita itu, bertanya :)

Anak siapa yang engkau tenangkan jiwanya?

 

 

 

(Bantino’tto’ menjawab: )

Anaknya Gowa, anak kandungnya Lakiyung,

 

 

(Wanita itu melanjutkan :)

Hai Ayam datanglah ke Daeng untuk mematuk penyakitnya agar penyakitnya hilang.  Supaya semangatnya kembali  dan sialpun hilang.

 

 

(Kemudian perhatian kembali ke bangau yang luar biasa, yang tidak pernah dicat :)

 

Kaki engkau, Wahai bangau! Seperti Laiya.. Pahamu Wahai bangau! Sepeti Lidah Tenun. Ekormu. Wahai bangau! Seperti kertas lipat, Punggungmu, Wahai bangau! Seperti kotak sirih jawa, Buluh-buluhmu Wahai bangau! Seperti seperti halusnya jarum peniti. Sayapmu, Wahai bangau! Seperti kipas gading, Dadamu Wahai bangau! Seperti gading Capa’ru. Lehermu, Wahai bangau! Kalau menelan air seperti terbayang, Kepalamu Wahai bangau! Seperti mangkuk minyak. Bola matamu Wahai bangau! Seperti berlian yang cemerlang, Paruhmu Wahai bangau! Seperti gunting emas.  Lidahmu Wahai bangau! Seperti pengupas dari kotak sierih. Ususmu Wahai bangau! Seperti kawat tembaga kuning, Hatimu Wahai bangau! Seperti kotak kemenyang. Perutmu, Wahai bangau! Seperti kotak Kancing  bertabur logam,  Ginjalmu Wahai bangau! Seperti anting.Taimu Wahai bangau! Seperti adukan kapur sirih yang basah.

 

 

(Wanita itu menyapa lagi Daeng Camu’mmu’:)

Daeng Camu’mu’!, Daeng Camu’mu’!  makalah makananmu (terimahlah lamarannya), telan pelan-pelan agar turun di lehermu agar kamu tidak menyesal nanti serta engkau dapat riang gembira.

 

Dari pernikahan antara Selayar dan Gowa ini, maka pada bagian ini diuraikan silsillah keturunannya sebagai berikut : Opu Daeng Camu’mmu’ dari Selayar menikah dengan I Manriwagau Daeng Bonto Karaeng Lakiyung Tunipallangga Ulaweng  maka lahirlah La Gojeng Patta Gintung, kemudian La Gojeng Patta Gintung menikah dengan Sarialang Daeng Baji maka lahirlah Sangkala Daeng Mattola, Sangkala Daeng Mattola menikah dengan Saramina Daeng Baji maka lahirlah Gojeng Daeng Sipattang, Gojeng Daeng Sipattang menikah dengan Mariama Daeng Tonji maka lahirlah Limakung Daeng Ma’janang, Limakung Daeng Ma’janang menikah dengan Maridaeng maka lahirlah empat orang anak yaitu : pertama Jahabang Daeng Siratang Gallarang Poiya / Manarai Pertama, kedua  Mustari, ketiga Lepu dan yang keempat adalah Saripa Daeng Tonji.

 

Sejak Selayar menjadi daerah taklukan Kerajaan Gowa,  maka pengangkatan keturunan I Manriwagau Daeng Bonto Karaeng Lakiyung Tunipallangga Ulaweng dengan Opu Daeng Camu’mu’ menjadi Kuasa Kerajaan Gowa dengan gelar Payung Tinggia di selayar silih berganti. Dan  Kuasa Kerajaan Gowa di selayar yang terakhir menerima gelar Payung Tinggia sebagai simbol Kuasa Kerajaan Gowa di Selayar adalah bernama Majunna Ri Bontobangun. Simbol Kuasa Gowa di Bontobangun inilah menjadi Cikal Bakal terbentuknya Regan van Bontobangun . Berikut silsilahnya :

 

Bermula dari Opu Daeng Camu’mmu’ Opu Silaja menikah dengan I Manriwagau Daeng Bonto Karaeng Lakiyung Tunipallangga Ulaweng Somba gowa melahirkan La Gojeng  Patta Gintung dengan gelar  Payung Tinggia I Raja Selayar ke 2.


Gojeng Patta Gentung memperistri Sarialang Daeng Baji melahirkan beberapa putra-puteri dan putra tertuanya  bernama Sangkala Daeng Mattola dengan gelar  Payung Tinggia II Raja Selayar 3.


Sangkala Daeng Mattola memperistri Saramina Daeng Baji melahirkan beberapa putra-puteri dan putra tertuanya  bernama Gojeng Daeng Sipattang dengan gelar  Payung Tinggia III Raja Selayar 4.


Gojeng Daeng Sipattang memperistrikan Mariama Daeng Tonji melahirkan beberapa putra-puteri diantaranya  bernama: 

 

  1. Di kenal dengan nama Raja Tua dengan gelar  Payung Tinggia IV Raja Selayar 5, 
  2. Bernama  Limakung Daeng Majjannang.


Raja Tua mempunyai beberapa putra-puteri diantaranya  bernama: 
 

  1. Bernama Majunna dengan gelar  Payung Tinggia V Raja Selayar 6  dan meninggal semasa remaja,
  2. Bernama Maibah Daeng Memang, 

Karena Majunna masih remaja dan belum mempunyai permaisuri maka aturan adat pada masa itu bahwa tugas-tugas penerima Payung Tinggia sebagai simbol kuasa Kerajaan Gowa di Selayar akan di laksanakan oleh Pelaksana Tugas Payung Tinggia, maka ditunjuklah Baso Bingkung sebagai Pelaksana Tugas Payung Tinggia V dan Raja Selayar ke 6 jabatan ini berahir jika Majunna sudah mempunyai Permaisuri,akan tetapi malang bagi Majunna, ia meningga masih usia remaja.

 

Sejak Selayar menjadi daerah taklukan Kerajaan Gowa,  maka pengangkatan keturunan I Manriwagau Daeng Bonto Karaeng Lakiyung Tunipallangga Ulaweng dengan Opu Daeng Camu’mu’ menjadi Kuasa Kerajaan Gowa dengan gelar Payung Tinggia di selayar silih berganti. Dan  Kuasa Kerajaan Gowa di selayar yang terakhir menerima gelar Payung Tinggia sebagai simbol Kuasa Kerajaan Gowa di Selayar adalah bernama Majunna Ri Bontobangun  Simbol Kuasa Gowa di Bontobangun inilah menjadi Cikal Bakal terbentuknya Regan van Bontobangun 



Kembali ke Limakung Daeng Majjannang saudara kandung Raja Tua, Payung Tinggia IV Raja Selayar 5, Limakung Daeng Majjannang memperistrikan Maridaeng melahirkan :

 

  1. Jahabang Daeng Siratang dengan gelar Gallarang Poiya Manarai I (Putra)
  2. Mustari (Putra)
  3. Lepu (Putra)
  4. Saripa Daeng Tonji (Putri),

 

Pada saat Jahabang Daeng Siratang menikah dengan Putri Bontobangun yang bernama Maibah Daeng Memang (Putri Raja Tua dan Adik Kandung Majunna Payung Tinggia V Opu Raja Selayar ke 6) dan merupakan sepupu satukalinya juga, maka Pelaksana Tugas Payung Tinggia di Bontobangun Selayar meminta Pulau Pasi’  di bersihkan untuk dijadikan pemukiman. Kemudian belakangan hari pemukiman tersebut menjadi ramai maka dinamailah Paoiya dan yang menjadi pengusasa pertamanya di tunjuklah Jahabang Daeng Siratang menjadi Gallarang Paoiya Pertama. Seiring perkembangan pemukiman Poiya, berkengbang pula pemukiman-pemukiman baru di pulau Pasi’, maka Jahabang Daeng Siratang membentuk struktur kekuasaan baru dan membentuk beberapa gelar hirarki jabatan sebagai berikut:

 

Gallarang Poiya

Raja utama yang meliputi wilayah Buloiya, Poiya dan Manarai, dan kemudian hari wilayah Buloiya menjadi tempat bermukimnya Gallarang Lolo / Galla Lolo.

 

 

Jannang Gusung

Kuasa raja utama pada daerah Gusung dan Gusung Tallang dan sekitarnya

Jannang Dongkalang

Kuasa raja utama pada daerah Dongkalang dan sekitarnya

 

 

 Ammatau

Ketua Kaum  di Kahu-kahu-Dopa

 

 

 

 Berikut Silsilahnya Jahabang Daeng Siratang Gallarang Poiya Manarai Pertama

 

Silsilahnya Jahabang Daeng Siratang Gallarang Poiya Manarai Pertama menikah dengan Maibah Daeng Memang melahirkan beberapa Putra-Putri:

 

  1. Rifa Dg Nibae
  2. Mahbuba
  3. Marialang
  4. Yaking
  5. Mahakung

 

Ripa Daeng Nibae bersuamikan Jeko Daeng Manumpa  (Putra dari Serang Daeng Makkulung Opu Onto yang menikah dengan anak dari La Konta Opu DaEng Mamangung Opu Bonea),  adapun Jeko Daeng Manumpa merupakan  Gallarang Lolo mendampingi Demma Ali Daeng Sibali Gallarang Poiya manarai ke 2 kemudian selanjutnya  diangkat menjadi   Gallarang Poiya Manarai  ke 3 dan melahirkan Putra dan Putri diantaranya

  1. Rampe Daeng Rapanna,
  2. Ma’uji,
  3. Halifa,
  4. Kamu’,
  5. Syarifa,
  6. Karama’ Daeng Managgala



Rampe Daeng Rapanna Kawin dengan Baso Onto Daeng Mangasi melahirkan:

  1. Marimang Daeng Memang,
  2. Siti Kesuma Daeng Kanang,
  3. Daeng Talarra,
  4. Jalumaddin Daeng Mattola

 

Siti Kesuma Daeng Kanang kawin  dengan Densu Daeng Makkuling Opu Silajara V, Raja Selayar ke 13,  Anggota DPRD Propinsi Sulawesi pada Tahun 1950 melahirkan anak bernama Ahmad Rifai Daeng Sirama Patta Kantoro atau biasa disebut Ahmad Densu saja. 

Kemudian Siti Kesuma Daeng Kanang kawin  lagi dengan  Martabat Daeng Patemba Gallarang Poiya Manarai ke 4 melahirkan dua anak, anam pernama adalah Hj. Nur Yalamlam Daeng Cayana dan anak keduanya adalah Hj. Nurhani Daeng Te'ne

 

 

 

Kemudian Kembali ke Yaking........................

 

 

Yaking menikah dengan Sitti Hawang Putta Bone melahirkan beberapa anak diantaranya, 

  1. Sitti Arah Daeng Pa'ja, 
  2. Balumbung, 
  3. Bongkousu,
  4. Baso Arase, dan 
  5.  H. Saini

 

Sitti Arah Daeng Pa'ja menikah dengan Demma Ali Daeng Sibali Gallarang Poiya Manarai ke 2 melahirkan beberapa anak, diantaranya :

 

  1. Baso Gallarang  Daeng Mamaling 
  2. Sitti Fatima Daeng Rinni, 
  3. Makkasa Daeng Mattara, 
  4. Sitti Rukiyah Daeng Baji.

 

Pengangkatan Demma Ali Daeng Sibali sebagai  Gallarang Poiya Manarai ke dua ini dikarenakan  Jahabang Daeng Siratang Gallarang Poiya Manarai Pertama Mangkat dalam keadaan putra putrinya belum ada yang dewasa dan posisi Demma Ali Daeng Sibali  sesungguhnya adalah seorang bangsawan dari Gantran Keke dan merupakan keluarga dekat dari Jeko Daeng Manumpa Gallarang Paoya Manarai ke 3. adapun istri pertama Demma Ali Daeng Sibali adalah keluarga dekat dari  Maibah Daeng Memang istri  Jahabang Daeng Siratang Gallarang Poiya Manarai Pertama salah seorang putri bangsawan dari Bontobangun. 

 

Adapun Bongkousu  menikah dengan   Jehe  melahirkan beberapa anak diantaranya :

 

  1. Bernama Martabat Daeng Patemba Gallarang Poiya Manarai ke 4, 
  2. Sitti Aisyah.

 

Martabat Daeng Patemba Gallarang Poiya manarai ke 4 menikah dengan Siti Kesuma Daeng Kanang melahirkan dua anak sebagai berikut :

 

  1. Hj. Nur Yalamlam Daeng Cayana dan 
  2.  Hj. Nurhani Daeng Te'ne

 

 

Kemudian Kembali ke Baso Onto Daeng Mangasi  yang meperistrikan Rampe Daeng Rapanna

 


Bermula dari Daeng Mambakkasan (saudara dari La Konta Daeng Mamangung Opu Bonea, Opu Silajara I Raja Selayar ke 8)  mempunyai beberapa anak diantaranya sebagai berikut :

 

  1. Serang Daeng Makkulung Opu Onto, 
  2. Daeng Mattola Opu Onto

 

Serang Daeng Makkulung Opu Onto menikah dengan seorang putri Siloka melahirkan beberapa anak diantaranya  :

 

  1. Jeko Daeng Manumpa Gallarang Poiya manarai ke 3
  2. Rendaeng (Istri dari Gallarang Bessorang)
  3. Raha Daeng Manyaha (saudara lain ibu dan merupakan  leluhur orang Buloyya)

 

Jeko  Daeng  Manumpa  merupakan  Putra  Mahkota  untuk  wilayah  Siloka-Gantran Keke,  Muntea-Namanilingi, Sepe-Batupakere. 

 

Pada waktu Jeko Daeng Manumpa  masih remaja ketentuan adat pada masa itu berlaku bahwa Jeko Daeng Manumpa  baru bisa di nobatkan menjadi pemimpin adat  di wilayah  Siloka-Gantran Keke, Muntea-Namanilingi, Sepe-Batupakere. kalau Jeko Daeng Manumpa sudah mempunyai permaisuri.

 

Pada waktu bersamaan paman  Jeko Daeng Manumpa  (saudara kandung Opu Onto)  yang bernama Opu Sisi terjadi skandal dengan nenek tante  dari Opu Guru Saluma yang bernama Sio yang merupakan putri tercantik di wailayah tersebut tetapi malang baginya Sio meninggal disaat dia mau melahirkan bayinya karena tidak mau mengedam.

 

Setelah tetua adat Siloka menyampaikan hal tersebut ke Opu Onto akan tetapi dalam sidang adat Onto,  Opu Sisi tidak mengakui skandal tesebut sehingga malang baginya pada saat hitungan empat puluh hari sejak Sidang, kemudian ada yang menombak dari Bawah Istana (So'loro) dan menurut tutur Opu Guru Saluma yang melakukan penombakan tersebut bukan dari Siloka dan kemungkinan yang melakukan hal tersebut dalah keluarga sendiri dari Onto yang merasa malu atas skandal tersebut

 

Dengan adanya peristiwa inilah sehingga Jeko Daeng Manumpa merasa malu sehingga menghilang dari Siloka dan kemudian hari  Orang Siloka baru mengetahui keberadaanya setelah  Jeko Daeng Manumpa diangkat menjadi Gallarang Lolo di Poiya Manarai.

 

Setelah Jeko Daeng Manumpa memperistrikan Ripa Daeng Nibae putri bungsu Jahabang Daeng Siratang Gallarang Poiya Manarai pertama , maka Demma Ali Daeng Sibali Gallarang Poiya Manarai ke 2 mengangkat  Jeko Daeng Manumpa sebagai  Gallarang Poiya Manarai ke 3. 

 

Jeko Daeng Manumpa Gallarang Poiya manarai ke 3 menikah dengan Ripa Daeng Nibae  dan melahirkan Putra dan Putri diantaranya

  1. Rampe Daeng Rapanna,
  2. Ma’uji,
  3. Halifa,
  4. Kamu’,
  5. Syarifa,
  6. Karama’ Daeng Managgala



Kemudian kembali ke  Daeng Mattola Opu Onto 

 

 

Daeng Mattola Opu Onto mempunyai anak bernama Tetta Samang kemudian Tetta Samang mempunyai  anak bernama Baso Onto Daeng Mangasi, kemudian Baso Onto Daeng Mangasi menikah dengan Rampe Daeng Rapanna dan melahirkan beberapa Putra dan Putri sebagai berikut:

  1. Marimang Daeng Memang,
  2. Siti Kesuma Daeng Kanang,
  3. Daeng Talarra,
  4. Jamaluddin Daeng Mattola

 

 

KEDATANGAN OPU DAENG MAMANGUN BERSAUDARA

Pada abad abad ke  17 Lakonta Opu Saeng Mamangun terpilih menjadi  Opu Bonea sebagai kelanjutan perwakilan Kedatuan Luwu di Selayar untuk pengatur keharmonisan orang-orang Luwu yang mendiami pulau Selayar, oleh karena itu ia datang ke Bonea untuk diangkat menjadi Opu Bonea di Selayar bersama saudaranya yang bernama Daeng Mambakkasang Opu Onto dan Daeng Manrongrongi Opu Gantarang Lalangbata. Selain  sebagai Opu Bonea  La Konta Opu Daeng Mamangun juga di tunjuk sebagai Raja Selayar dengan gelar Opu Silajara I. untuk menggantikan Pelaksana Tugas Payung Tinggia ke V Raja Selayar ke 6.

 

Dalam kepemimpinannya sebagai raja Selayar,  La Konta Opu Daeng Mamangun  menata ulang Selayar, ciri mendasar pemerintahannya adalah penggunaan Sapaan Opu dalam jabatan-jabatan baru yang dibentuknya. Berikut beberapa Istilah jabatan yang dibentuk oleh Opu Daeng Mamangun.

 

Opu

Raja Utama

 

 

Opu Lolo

Wakil Raja Utama di wilayah tertentu dan bisa diangkat menjadi Opu

 

 

Opu Balegau

Opu yang membawahi beberapa kampung

 

 

Ponggaha / Opu Pongga

Wakil Raja Utama di wilayah tertentu,  ini terjadi karena raja yang di tunjuk adalah perempuan.

 

Selama pemerintahannya, Opu Daeng Mamangung menata ulang Ke-Opu an Selayar dengan  Pusat kerajaan adalah Mare-Mare.

 

Opu Daeng Mamangun membagi Selayar menjadi dua wilayah pemerintahan Ke-Opu-an, yaitu pemerintahan Ke-Opu-an Benea yang wilayahnya meliputi perbatasan Kota Benteng keutara sampai Pasina Tanete dan Opu Daeng Mamangun sendri menjadi Opu Bonea. Ke-Opu-an Benea dibantu oleh keluarganya yaitu Opu Tanete berkedudukan di Tanete, Opu Batangmata berkedudukan di Batang Mata, Opu Onto berkedudukan di Onto, Opu Buki berkedudukan di Buki’, Opu Mare-mare berkedudukan di Mare-Mare, dan khusus Opu Lolo Mare-mare maka putranya sendiri yang bernama La Halang Daeng Rimongsong yang di tunjuk langsung menjadi Opu Mare-Mare.

 

Berikutnya adalah Pemerintahan Ke-Opu-an Bontobangun yang wilayahnya meliputi perbatasan Kota Benteng ke selatan sampai pulau-pulau seperti Bahuluang, Tambolongan, Polassi, Jampea, dan Kayuadi dan sekitarnya sampai ke Pulau Bonerate dan Pulau Lambego dan sekitarnya.

 

Ke-Opu-an Bontobangun  di bantu dengan keluarganya seperti Opu Laiyolo  berkedudukan  di Laiyolo, Opu Ballabulo berkedudukan di Ballabulo, Opu Bontoborusu berkedudukan di Bontoborusu, Opu Barangbarang berkedudukan  di Barangbarang dan di pulau-pulau terdiri atas dua perwakilan yaitu untuk wilayah Bonerate, Lambego dan sekitarnya ditunjuk satu perwakilan dengan gelar Opu. Diwilayah Jampea, Kayuadi dan sekitarnya satu perwakilan dengan gelar Opu. Selain itu ada beberapa Ponggaha (Opu Pongga) antara lain: Bonelohe, Jambuyya, Gantarang, dan Jampea sendiri.

 

Dengan adanya dua pola kepemimpinan dan Ke-Opu-an di Selayar ini, tidak membuat kedua kelompok pemangngku adat di Selayar saling bermusuhan melainkan mereka saling mempersatukan diri dengan pola kawin-mawin dengan kedua belah pihak, sehingga tercipta persaudaraan, kekeluargaan, kekerabatan seketurunan sekalipun mungkin kakeknya dari luar Selayar tetapi beliau-beliau kawin-mawin dengan pribumi asli Selayar itu sudah dianggap merupakan bagian dari keluarga selayar atau dengan istilah SELAYAR SEKETURUNAN.



Berikut silsillah Opu Daeng Mamangun


La Patau’ Matanna Tikka Arung Palakka Sultan Alimuddin Idris Ranreng Tuwa Wajo Petta MatinroE ri Nagauleng Mangkau ri Bone XVI (1696-1714)Dan Datu Soppeng XVIII menikah dengan We Ummung (Tenri Ummung) Datu Larompong Petta MatinroE ri Bola Jalajja’na (Putri dari Sattiaraja Petta MatinroE ri Tompotikka Pajung ri Luwu XIX, dari Istrinya yang bernama We Diyo’ DaEng Massiseng Petta I Takalara MatinroE ri LawElareng) melahirkan putra-putri sebagai berikut :

 

  1. La Temmasonge’ (La Mappasosong) Sultan Abdul Razak Jalaluddin Petta MatinroE ri Mallimongeng Mangkau’ ri Bone XXII (1749-1775), Somba Gowa ke XXVIII (1770-1778) dan Datu Soppeng ke XXV (1746-1747)
  2. We Batari Toja DaEng Talaga Mangkau ri Bone XXI (1724-1749), Pajung ri Luwu XXIII (1715-1748)
  3. We Patimanaware’ Arung Timurung Opu PawElaiyyE ri Bola Ukiri’na
  4. Opu TolEmbaE
  5. La SallE Opu Daeng Panai’


La SallE Opu Daeng Panai’ menikah dengan I BessE Opu DaEng Tarima, melahirkan putra-putri sebagai berikut:


  1. Opu MpElaiyangngi Kannana (suami Opu BoE),
  2. Opu DaEng Talala (suami Maddika Sangalla).



Opu DaEng Talala menikah dengan Maddika Sangalla’, melahirkan beberpa Putra-Putri, diantara Putranya yang datang ke Selayar adalah sebagai berikut :

 

  1. La Konta Opu DaEng Mamangung kemudian dangkat menjadi Opu Bone dan Raja Selayar dengan gelar Opu Bonea,  Opu Silajara I, Raja Selayar ke 8
  2. Opu Daeng Mambakkasang  kemudian dangkat menjadi Opu Onto

1.      

La Konta Opu DaEng Mamangung  mempunyai beberapa putra dan putri diantaranya adalah :

 

  1. La Halang Daeng Ri Monsong dengan gelar  Opu mare-Mare, .Opu Silajara II, Raja Selayar ke 9.
  2. Istri dari Serang Daeng Makkulung Opu Onto bin Daeng Mambakkasang


La Halang Daeng Ri Monsong bergelar Opu Mare-Mare menikah dengan anaknya La Mappepenning Daeng Makkuling Ponggawa Bone melahirman anak  bernama Opu Jangkiong Daeng Ma’bunga, dengan gelar  Opu Silajara III, Raja Selayar ke 10.

 

Kemudian Serang Daeng Makkulung Opu Onto menikah dengan anak dari La Konta Opu DaEng Mamangung Opu Bonea,  Opu Silajara I, Raja Selayar ke 8 melahirkan anak bernama : 

 

  1. Jeko Daeng Manumpa Gallarang Poiya Manarai ke 3
  2. Rendaeng



Kembali ke Opu Jangkiong Daeng Ma’bunga .......



Opu Jangkiong Daeng Ma’bunga mempunyai satu orang Putra dan dan beberapa orang Putri diantaranya:

 

  1. Mahalang Daeng Mattali  dengan gelar Opu Silajara IV, Raja Selayar ke 11
  2. Marajambu Daeng Ti’no' 

 

Mahalang Daeng Mattali (Putra) mempunyai putra-putri diantaranya adalah :

 

  1. Densu Daeng Makkuling dengan gelar dengan gelar  Opu Silajara V, Raja Selayar ke 13, Anggota DPRD Propinsi Sulawesi pada Tahun 1950.
  2. Denri Daeng Mallabasa
  3. Timang Daeng Tanning
  4. Ibrahim Daeng Maratang Karaeng Bontosunggu dan
  5. Djarialang Daeng Ritangnga


Densu Dg Makkulin Menikah dengan Daeng Sibollo mempunyai anak 7 orang 4 laki-laki 3 perempuan, menikah lagi dengan Pinra melahirkan seorang laki-laki, kemudian menikah lagi dengan Siti Kasuma Dg Kanan melahirkan Ahmad Rifai Daeng Sirama Patta Kantoro


Dengan adanya dua pola kepemimpinan dan Ke-Opu-an di Selayar ini, tidak membuat kedua kelompok pemangngku adat di Selayar saling bermusuhan melainkan mereka saling mempersatukan diri dengan pola kawin-mawin dengan kedua belah pihak, sehingga tercipta persaudaraan, kekeluargaan, kekerabatan seketurunan sekalipun mungkin kakeknya dari luar Selayar tetapi beliau-beliau kawin-mawin dengan pribumi asli Selayar itu sudah dianggap merupakan bagian dari keluarga selayar atau dengan istilah SELAYAR SEKETURUNAN.

 

Pada abad ke 16, VOC (Perusahaan Dagang Belanda) datang ke Nusantara, VOC adalah sebuah perusahaan dagang Belanda yang mempunyai kekuatan utama di perdagangan Asia sejak awal 1600-an dan sering melakukan campur tangan dalam politik pribumi di Nusantara

 

Pada tahun 1739 VOC/Belanda mendudki Kepualuan Selayar, dan pada tahun itupula VOC/Belanda menetapkan seluruh kepulauan Selayar beserta pulau-pulau disekitarnya ditetapkan sebagai sebuah keresidenan dimana residen pertamanya adalah W. Coutsier (menjabat dari 1739-1743). Adapun keberadaan Kuasa Gowa di Bontobangun dan Ke-Opu-an Bonea di Mare-Mare masing-masing di tetapkan sebagai Regan di bawah kontrol Kresidenan Selayar. Kuasa Gowa di Bontobangun berubah nama menjadi Regan Van Bontobangun sedangkan Ke-Opu-an Bonea di Mare-Mare berubah nama menjadi Regan Van Bonea. Dan keduanya masing-masing di pimpin seorang Opu. Dalam pemilihan Opu di kedua regan ini juga mengalami intervensi oleh Belanda sehingga orang yang diangkat menjadi Opu dan Opu Lolo  harus berpihak kepada Belanda. Hal ini juga dapat dilihat dalam penetapan ibukota pemerintahan Regan, Regan Van Bonea yang tadinya bepusat di Mare-Mare oleh Belanda di pindahkan ke Bonea sedangkan Ragan Van Bontobangun yang semula di Bontobangun oleh Belanda dipindahkan ke Matalalang. 

 

Akibat dari penaklukan ini maka Bangsawan Selayar sebagai pewaris sah kepemimpinan Selayar terjadi polarisasi dan terbagi menjajdi dua kelompok dalam menyikapi pendudukan Belanda di Selayar.

 

Kelompok pertama adalah para Putra Mahkota pewaris tahta Kerajaan Selayar, kelompok ini  menganggap VOC/Belanda adalah sebuah kerajaan dari negeri Jauh dan merampas hak dan kedaulatan Kerajaan Selayar dan kelompok ini tidak pernah melakukan kerjasama dengan VOC/Belanda dan sering mengadakan perlawanan secara parsial dan tidak terorganisir,  Kelompok kedua adalah para bangsawan daerah-daerah yang menjadi bagian wilayah kekuasaan kerajaan Selayar. Kelompok ini lebih memilih bekerjasama dengan VOC/Belanda. Pada tahun 1800 wilayah kekuasaan kerajaan Selayar menjadi  bagian wilayah kerajaan Belanda sehingga kebaradaan Opu Jangkiong Daeng Mabbunga sebagai Raja Selayar  hilang kedaulatan Politiknya dan hanya mengurusi penyelenggaran adat dan penyelenggaraan keagamaan, keberadaanya antara ada dan tiada. Hal ini terjadi karena semua opu-opu yang menjadi daerah kekuasaanya tunduk dan beripihak ke VOC/Belanda.

 

Pada saat Mahalang Daeng Mattalli menggatikan ayahandanya Opu Jangkiong Daeng Mabbunga sebagai Raja Selayar, untuk penyelenggaraan adat dan Penyelenggaraan keagamaan kerajaan seperti Opu Kadi dan Opu Katte dan lain-lain tidak ada yang ditunjuk sebagai pelaksana tugas, maka semua urusan penyelenggaran adat dan keagamaan kerajaan beliaulah yang memimpin penyelenggaraan  secara langsung.

 

Pada  tahun 1905, Sulawesi Selatan benar-benar ditaklukkan Belanda dan Raja Gowa I Makkulau Daeng Serang Karaeng Lembangparang Sultan Husain Tuminang ri Bundu'na meninggal dalam pengejaran Belanda serta La Mappanyukki Datu Lolo Suppa ditangkap dan di buang ke Selayar maka terjadilah kekosongan kepemimpinan lokal di Sulawesi Selatan. Setelah tahun 1906 Belanda membentuk Zelf Beestuur (Pemerintah Pribumi/Swapraja) yang dibawahi oleh Controleur (Pejabat Belanda) untuk Onder Afdeling, berikut struktur Pemerintahan Belanda dan Pribumi/Swapraja setelah tahun 1906

 

Jabatan

Gelar

Nama Daerah

Pejabat

Cakupan Wilayah

 

 

 

 

 

Gewest

Gubernur

Gubernur Timur Raya

Pemerintah Belanda

Indonesia Timur

Residensi

Resident

Residen Selebes Selatan

Pemerintah Belanda

Selebes Selatan

Afdeling

Asisten Afdeling

Afdeling Bonthain

Pemerintah Belanda

Bantaeng, Bulukumba dan Selayar

Onder Afdeling

Kontroleur

Onder Afdeling Selayar

Pemerintah Belanda

Seluruh Kepulauan Selayar dan Pulau-Pulau di sekitarnya

Ditrik

Regant

1.    Regan Van Bonea

Pemerintah Pribumi/Swapraja

Seluruh Wilayah

 Opu Bonea

2.   Regan Van Bontobangun

Pemerintah Pribumi/Swapraja

Seluruh Wilayah

Opu Bontobangun

Kampong

Kepala Kampung

Para Gallarang dan  Punggaha

Pemerintah Pribumi/Swapraja

Masing wilayah Para Gallarang dan  Punggaha

 

Dengan adanya pemerintahan Zelf Beestuur (Pemerintah Pribumi/Swapraja) yang dibawahi oleh Controleur (Pejabat Belanda) untuk Onder Afdeling Selayar, membuat posisi Mahalang Daeng Mattalli selaku Raja Selayar kehilangan Legitimasi. 

 

Maka momentum pembuangan  La Mappanyukki Datu Lolo Suppa di manfaatkan oleh  Mahalang Daeng Mattalli selaku Raja Selayar untuk melakukan penyerahan kepemimpinan ke-Opu-an di Selayar karena  La Mappanyukki Datu Lolo Suppa dipandang sebagai satu-satunya yang pantas dan mampu menduduki jabatan sebagai Raja di Selayar sedangkan anak tetuanya yang bernama Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no masih Balita. Mahalang Daeng Mattalli hanya memfokuskan dirinya mengerjakan urusan penyelenggaran adat dan keagamaan kerajaan saja.

 

La Mappanyukki Datu Lolo Suppa dipandang sebagai satu-satunya yang pantas dan mampu menduduki jabatan sebagai Raja di Selayar ini di karenakan Ibu Opu Jangkiong Daeng Ma’bunga,  Opu Silajara III, Raja Selayar ke 10  (Istri La Halang Daeng Ri Monsong Opu Mare-Mare Opu Silajara II, Raja Selayar ke 9) adalah anak dari Lamappepenning Daeng Makkuling Petta Ponggawa Bone dan merupakan saudara La Tenri Tappu Mangku Bone dan juga merupakan Kakek  Buyut atau orang tua dari Kakeknya  La Mappanyukki Datu Lolo Suppa dari pihak Ibu.

 

Pada tahun 1907 La Mappanyukki Datu Lolo Suppa di angkat menjadi Raja Selayar  menggatikan Mahalang Daeng Mattalli dengan gelar Datu Silaja Raja  Selayar ke 12.


La Mappanyukki Datu Lolo Suppa menduduki jabatan sebagai Raja Selayar sampai pada tahun 1946 dan berahir bersamaan dengan berahirnya jabannya sebagai  Mangkau di kerajaan Bone, setelah itu di gantikan oleh Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no sebagai Raja Selayar ke 13 dengan Gelar Opu Silajara V dan pada tanggal 12 April 1948 Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no menjadi Anggota Gabungan Sulawesi Selatan/Dewan Celebes Selatan mewakili Kerajaan Selayar, dan  diangkat menjadi Anggota DPRD Propinsi Sulawesi pada tahun 1950 sampai dengan terpilihnya Anggota DPRD hasil pemilihan yang sebenarnya

 

Pada tahun 1907 La Mappanyukki Datu Lolo Suppa di angkat menjadi Raja Selayar menggatikan  Mahalang Daeng Mattalli dengan gelar Datu Silaja, jabatan ini di jabat hingga sampai pada tahun 1946 bersamaan berakhirnya jabatannya sebagai Mangkau di kerajaan Bone, kemudian  di gantikan oleh Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no sebagai Raja Selayar dengan Gelar Opu Silajara dan pada tanggal 12 April 1948 Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no sebagai Raja Selayar dengan Gelar Opu Silajara diangkat menjadi anggota Dewan Hadat Tinggi “Gabungan Sulawesi Selatan” atau “Dewan Selebes Selatan” mewakili  Kerajaan Selayar. kemudian diangkat  menjadi  Anggota DPRD Propinsi Sulawesi pada tahun 1950 sampai dengan terpilihnya Anggota DPRD hasil pemilihan yang sebenarnya

 

Pada tahun 1919 Kedatangan A.G.H. Hayyun di Selayar, memberi semangat baru dalam pembaharuan di Selayar, pembentukan lembaga dakwah, pendirian Cabang Muhammadiyah, gerakan pembaharuan, gerakan pemurnian ajaran Islam, dan membangun kesadaran berfikir hingga membangun kesadaran kolektif dalam pergolakan Perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI.

 

Momen pengangkatan La Mappanyukki Datu Lolo Suppa sebagai Raja Selayar serta kedatangan Kedatangan A.G.H. Hayyun memberi semangat baru dalam perjuangan melawan penjajah Belanda. Diantara golongan bangsawan yang ikut memperjuangkan kemerdekaan RI tersebut diantaranya H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no Opu Silajara V, Raja Selayar yang ke 13  bersama saudara dan  beberapa keluarga dan kerabat lainnya.

 

Benih-benih perlawanan H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no dan bergabungnya para pemuda dalam pergerakan dan perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI di latarbelakangi dengan kenyataan bahwa kebaradaan Opu Silajara sebagai Raja Selayar  yang kehilangan tahta, keberadaanya antara ada dan tiada, ini disebabkan karena kesinambungan penerus tahta Kerjaan Selayar terus berlangsung akan tetapi raja yang bertahta tidak mempunyai kedaulatan di wilayah kepulauan Selayar, Hal terjadi karena semua opu-opu yang yang menjadi daerah kekuasaanya tunduk dan diangkat oleh VOC/Belanda.

 

Selain itu terdapat juga persyaratan setiap anak Opu dan tokoh masyarakat yang berkeinginan mengenyam pendidikan di Hollandsch Inlandsche School (HIS) di Makassar harus menyertakan silsillahnya dengan melampirkan daftar kekayaan orang tuanya di luar harta kerajaan. Hollandsch Inlandsche School (HIS) ini merupakan sekolah dasar yang ditempuh dalam waktu tujuh tahun dan yang bisa bersekolah di sini hanya orang pribumi keturunan bangsawan atau tokoh terkemuka. Walaupun H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no  tidak menyukai persyaratan ini, karena pendidikan dianggap penting dalam membela bangsanya maka H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no  tetap mengikuti pendidikan di Hollandsch Inlandsche School (HIS) yang di kenal masyarakat pada waktu itu disebut sekolah raja di Makassar dan H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no merupakan pribumi pertama dari Selayar yang bisa diterima di sekolah tersebut dan lulus  pada tahun 1927.

 

Selama menjalani pendidikan di Hollandsch Inlandsche School (HIS) pihak belanda melarang semua orang termasuk semua  sepupunya untuk  menjeguknya termasuk memegang pagar sekolahnyapun tidak diperbolehkan. Perlakuan ini sangat bertentangan dengan hati nurani H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no, sehingga menambah rasa nasionalismenya.

 

Setelah tammat di Hollandsch Inlandsche School (HIS) pada tahun 1927, H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no di minta oleh pemerintah Belanda untuk melanjutkan sekolahnya di negeri Belanda akan tetapi permintaan ini di tolak oleh H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no dan lebih memilih untuk menjadi Juru Tulis Opu Regan Van Bonea yang merupakan pamannya sendiri.

 

Setelah mendengar berita bahwa ada pergerakan perjuangan kemerdekaan di Tanah Jawa, maka H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no menyuruh saudara-saudaranya pergi ke Tanah Jawa untuk bergabung dengan  para perjuangan pergerakan kemerdekaan yang dipimpin oleh  Safruddin Prawira Negara di antara saudaranya yang berangkat ke Tanah Jawa adalah Denri Daeng Mallabasa, Ibrahim Daeng Maratang Karaeng Bontosunggu dan Jarialang Daeng Ritanngnga, dan kemudian hari Jarialang Daeng Ritangnga kembali ke Makassar dengan membawa misi perjuangan di wilayah Sulawesi khusunya Sulawesi  bagian selatan.

 

Pada tanggal 1 Januari 1930 sampai dengan tanggal 31 Desember1940, H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no diangkat menjadi pegawai negeri dengan jabatan sebagai CLERK (Sekertaris Kantor), ini di lakukan agar dapat mengetahui rahasia pergerakan Belanda.

 

Beberapa daerah yang pernah ditempati sebagai pegawai negeri dengan jabatan sebagai CLERK diantaranya Jeneponto, Makassar, Barru, Sungguminasa, Watampone, Soppeng, dan Selayar. Selama menjadi Pegawai Negeri H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no selalu berkordianasi dan memberi informasi kepada pemuda pergerakan  tentang pergerakan Belanda. Dalam kurung waktu itu juga H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no sampai tiga belas kali di masukkan ke penjara dengan tuduhan ikut membantu pergerakan dan perjuangan kemerdekaan RI.

 

Kedatangan Muhammadiya di Selayar yang dibawa A.G.H. Hayyun ikut membantu memperluas  pemahaman tentang pentingnya Pergerakan merebut kemerdekaan Indonesia di kalangan pemuda Selayar.

 

H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no setelah keluar dari penjara, maka H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no langsung bersinergi dengan A.G.H. Hayyun dan ketika AGH. Hayyun ingin bertemu dengan Opu Bontobangun pada saat pemuda pergerakan berhadap-hadapan dengan pemuda yang membackup pemerintahan Opu Bontobangun di jembatan giring-giring sebelah selatan Kota Benteng, maka H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no turun tangan dan mengantar langsung AGH. Hayyun bertemu dengan Opu Bontobangun dengan memboncengnya dengan sepeda hal ini dilakukan untuk mencegah agar pertumpahan darah tidak terjadi.

 

Pada tanggal 16 Agustus 1945  H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no memerintahkan kepada sepupuh dua kalinya Bapak Sarepe’ (Tetta Epe’ dari Kampung Para’, ayah kandung dari Bapak Sirajuddin Sarepe Ex Kanwil Depnaker Sulsel terakhir sebelum otonomi daerah) untuk mengibarkan Benderah Merah Putih di kampung Buloiya (salah satu kampung di desa Bontoborusu, Kecamatan Bontoharu). Pengibaran bendera ini di lakukan di halaman rumah Daeng Raja (tokoh pejuang, kakek dari Bapak Hasnur Kepala Desa Bontoborusu). Setelah benderah Merah Putih berkibar, satu jam kemudian datanglah Polisi Belanda menggrebek kampung  Buloiya, dan para pemuda dengan sigapnya dapat menyembunyikan Bendera tersebut sehingga terhindar dari pembumihangusan oleh Polisi Belanda

 

Peristiwa inilah menjadikan  H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no di tangkap dan dikirim ke Penjara Bone bersama tokoh-tokoh politik lainnya. Di dalam penjara tersebut H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no berada satu sel dengan paman Jendral M. Yusuf. Pada saat pembumihangusan (dibakar) penjara di Bone yang sempat lolos hanya mereka berdua dan langsung ke kajuara lewat pantai dari situlah H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no diseberangkan ke Selayar.

 

Selama pergerakan dan perjuangan para pemuda Selayar, semua kebutuhan hidup dan keamanannya baik didalam hutan maupun pergerakan ditengah-tengah masyarakat di backup  oleh H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no, hal ini sesuai dengan pernyataan H. Balasong pada saat di kebumikannya Alm. H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no di Pekuburan Umum Panaikan Makassar pada tahun 1993 berikut pernyataannya : 

 

diantara keluarga yang hadir bahwa sayalah tertua disini, yang baru saja kita kebumikan ini, beliau orang tua saya dan juga kakak saya dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, bahwa saya tidak mungkin ada berdiri disini tampa beliau bersama kawan-kawan seperjuangan tidak ada yang bisa hidup seorang pemuda yang sampai saat ini karena salama dalam perjuangan, beliau menghidupi dan mengamankan kami baik dalam hutan maupun bergelirya di tengah masyarakat beliaulah yang menghidupi kami dan menyelamatkan kami dari pengepungan Belanda ” [20].

 

Berita tentang proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945, secara resmi diketahui oleh rakyat di Sulawesi Selatan setelah delegasi dari Sulawesi ke sidang PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) kembali dari Jakarta dan tiba di Makassar pada 24 Agustus 1945. Delegasi Sulawesi yang terdiri atas Dr. Ratulangi dan Andi Pangerang Petta Rani, yang didampingi oleh Mr. Zainal Abidin dan Andi Sultan Daeng Radja, selain membawa berita resmi tentang proklamasi kemerdekaan, mereka juga membawa berita tentang pembentukan pemerintah Republik Indonesia dan pengangkatan Ratulangi sebagai Gubernur Provinsi Sulawesi.

 

Bersamaan dengan itu Djarialang Daeng Ritangnga (Adik Bungsu H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no) kembali ke Makassar dengan membawa misi perjuangan di wilayah Sulawesi khusunya Sulawesi bagian selatan, datanglah undangan dari Alm. Bapak Lanto Daeng Pasewang (ex Gubernur Sulawesi yang ke tiga) disampaikan kepada Djarialang Daeng Ritangnga untuk mengadakan rapat rahasia pada masa itu di Jl. Maradekaya di sekolah rakyat di samping komplek PTT di Makassar.

 

Berikutnya menyususul lagi kurir bapak Alm. Bung Karno yang bernama M. Dahlan untuk untuk mengadakan  kursus kilat dan cara melaksanakan perjuangan Bangsa Indonesia yang dihadiri oleh segelintir pejuang Sulawesi, termasuk Alm. Bapak Kapten H. Mangun Karim yang berasal dari Bantaeng, sejak dari situlah Djarialang masuk menjadi anggota PNI (Persatuan Nasional Indonesia) yang di ketuai oleh RS. Ratulangi (eks Guberniur pertama Sulawesi).

 

Pada tahun 1946 datang utusan dari Pusat Jakarta yang bernama Saparuddin, tidak lama kemudian datang lagi membawa mandat penuh yaitu Badan Rahasia Negara Indonesia (BRNI) yang dipimpin Alm. Bapak Dalenggono yang berpusat di Jakarta dengan nama samaran S. Kadir (Selayar Kemerdekaan Intra Dalam Indonesia Raya) dengan nama sebenarnya adalah Djarialang Daeng Ritangnga dan tugas itu dicium oleh penjajah Belanda, maka masuklah Djarialang Daeng Ritangnga anggota PPNI (Persekutuan Pemuda Nasional Indonesia) yang dipimpin oleh Sultan Sunardi yang berkedudukan di Makassar.

 

Disinilah Djarialang Daeng Ritangnga mulai bekerja dan di tugaskan kedaratan Selayar untuk membentuk cabang cabang PPNI sekaligus  mendidik para pemuda yang termasuk anggota PPNI. Pada waktu itupulah-lah Djarialang Daeng Ritangnga menghubungi pimpinan AMRIS (Anggkatan Muda Republik Indonesia Selayar) Bapak Alm. Mappaiman  yang mana beliu ini adalah calon kuat kepala Distrik Onto. Dan menurut pandangan beliau dengan pengarahan yang tepat Djarialang Daeng Ritangnga harus tinggal di Onto itu tepatnya di daerah Lombeh Onto.

 

Djarialang Daeng Ritangnga serta didampingi oleh anak beliu sendiri yang bernama Andi Ahmad, Djarialang Daeng Ritangnga bersama rekan-rekannya memulai pergerakan mulai dari Distrik Onto, Batang Mata, dan Buki setelah latihan berlangsung kira-kira 20 hari lamanya datanglah polisi penjajah Belanda menangkap Djarialang Daeng Ritangnga  serta disel selanjutnya dikirim ke Makassar. Pada tahun 1948 Djarialang Daeng Ritangnga masuk anggota LPRIS (Laskar Pemberontak Rakyat Indonesia Sulawesi)  yang dipimpin oleh alm AR. Tado. Telah demikian Djarialang Daeng Ritangnga bersama-sama Bapak Abdul Kadir membentuk satu gabuangan organisasi yang bernama  Gabungan Organisasi Tani Indonesia (GBTI) dan beberapa pengurus antara lain :

 

Ketua

:

Abdul Kadir

Wakil Ketua

:

Raden Suparto

Sekertaris

:

Djarialang Daeng Ritangnga

Bendahara

:

C. Saharibulan

 

Organisasi ini meliputi Kabupaten Maros, Kabupaten Pakajene, Kabupaten Pinrang, dan Selayar, dan Kabupten Selayar dipimpin oleh H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no dengan nama Organisasi Partai Persatuan Hati Indonesia Selayar yang berpusat di Mare-Mare. Dengan Sekretarisnya Ibu Sitti Kasuma Daeng Kanan dan dikemudian hari menjadi suami istri yang melahirkan Ahmad Rifai Daeng Sirama Patta Kantoro (Ahmad Densu). Organisasi ini didirikan tahun 1947.  Pada tahun 1950 Djarialang Daeng Ritangnga ditugaskan oleh R.S. Efendi untuk memimpin Persatuan Bekas Pejuang Bersenjata Seluruh Indonesia PB PBSI di bawah naungan Alm. Jenderal Sudirman yang berkedudukan di Jalan Pegansaan Timur Jakarta. Organisasi ini meliputi  Kabupaten Makassar, Gowa, Takalar, Bantaeng dan Selayar.

 

Dengan adanya Poklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia kemudian disusul dengan dikeluakannya Undang-Undang nomor 1 Tahun 1945 tentang Peraturan Mengenai Kedudukan Komite Nasional Daerah, setelah itu disusul lagi keputusan Rapat PPKI tanggal 19 Agustus 1945 menetapkan daerah Indonesia dibagi menjadi delapan Propinsi dan masing-masing dipimpin seorang Gubernur, daerah Propinsi dibagi ke dalam beberapa kresidenan dan dikepalai seorang Residen, Gubernur dan Residen dibantu oleh Komite Nasional Indonesia Daerah (KNID). Pada hari yang sama Presiden melantik para Gubernur termasuk Gubernur Dr.GSSJ. Ratulangi menjalankan pemerintahannya sebagai Gubernur Sulawesi semenjak 5 september 1945 hanya dapat menjalankan pemerintahan selama tujuh bulan karena Belanda bergegas ke Makassar dan pada tanggal 5 April 1945 Gubernur Dr.GSSJ. Ratulangi bersama rekan-rekannya di tangkap oleh NIKA dan ditahan di Rantepao kemudian diasingkan ke Serui Papua.

 

Hadirnya Belanda kembali, mendapat penolakan dari sebagian besar rakyat Indonesia, sehingga H. J. van Mook, wakil pemerintah Belanda di Indonesia merancang suatu strategi politik untuk memulihkan kembali kedudukan kekuasaan pemerintah kolonial Belanda di wilayah bekas jajahannya (Hindia Belanda), termasuk di Sulawesi Selatan. Strategi politik itu dikenal dengan gagasan negara federal.

 

Sebelum Sulawesi Selatan menjadi bagian dari wilayah NIT dan Republik Indonesia,  pada tahun 1938 Benlanda telah membentuk sebuah Gubernuran dengan nama  Gubernuran Timur Raya yang beribukota di Makassar, kemudian Sulawesi Selatan dijadikan sebuah Residen dan Selayar diposisikan sebagai Onderafdeeling dibawan kontrol Afdeeling Bontain.

 

Pada tanggal 25 Februari 1946, Residen Selebes Selatan (Belanda) membentuk Dewan Penasehat/Dewan Sementara untuk Masa Bhakti sampai 23 Mei 1949 dan beranggotakan 30 orang dari 30 Swapraja.dari daerah Sulawesi Selatan yang di ketuai oleh Residen sendiri.

 

Pada tanggal 11 Desember 1946 Pasukan dipimpin Kapten Raymond Westerling melakukan operasi militer di kenal dengan Peristiwa Korban 40.000 Jiwa di Sulawesi Selatan. Setelah Westerling merasa bisa membersihkan Makassar, operasi dilanjutkan di daerah di luar Makassar. Raja Bone Andi Pabbenteng beserta aparatnya berhasil melakukan negoisasi dan pembicaraan mendalam agar niat untuk melakukan operasi militer di hentikan minimal tidak masuk di wilayah Bone.

 

Pada tanggal 12 April 1948 Residen Sulawesi Selatan mengundang para raja dan pimpinan hadat untuk mengadakan pertemuan di Sengkang untuk membicarakan Pembentukan Gabungan Sulawesi Selatan.  Dalam pertemuan itu, para Raja dan Pimpinan Hadat menyepakati beberapa kesepakatan antara lain :

  1. Menyetujui Pembentukan “Gabungan Sulawesi Selatan” atau “Dewan Selebes Selatan”  yang beranggotakan 30 Swapraja (Kerajaan) dari  Swapraja yang pernah disahkan oleh Residen Selebes Selatan sebelumnya yang meliputi Gowa, Bone, Luwu, Wajo, Soppeng, Sidenreng, Rappang, Suppa, Sawitto, Mallusetasi, Barru, Tanete, Soppeng Riaja, Kassa, Batulappa, Alla, Enrekang, Maiwa, Maluwa, Buntu Batu, Majene, Pambuang, Balangnipa, Binuang, Cenrana, Tappalang, Mamuju, Tanah Toraja, Buton, dan  Laiwui..
  2. Menyetujui dimasukkannya sembilan Swapraja yang dulu kontrol langsung oleh Belanda menjadi anggota baru “Gabungan Sulawesi Selatan” atau “Dewan Selebes Selatan”  ke sembilan Swapraja tersebut meliputi Pangkajene, Maros, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba,  Sinjai, Selayar, dan Mekongga Kolaka. Untuk Swapraja  Selayar di jabat oleh H. Densu Daeng Makkuling Kraeng Ti’no selaku Raja Selayar
  3. Menyetujui pembentukan Dewan Pelaksana Harian/Dewan Adat Tinggi “Gabungan Sulawesi Selatan” atau “Dewan Selebes Selatan”  sebanyak 15 orang dan berindak sebagai Dewan Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan menggatikan Residen Selebes Selatan bentukan Belanda

  

     Menunjuk 15 orang sebagai anggota Dewan Pelaksana Harian Dewan Adat Tinggi Gabungan Sulawesi Selatan dengan susunan sebagai berikut:

 

Ketua

:

1.    Raja Bone Andi Pabbenteng

 

 

 

Ketua Muda

:

2.    Raja Gowa Andi Idjo Karaeng Lalolang

 

 

 

Angota-anggota

:

3.    Andi Singke,

4.    Andi Mappatoba,

5.    Andi Tjalla,

6.    Andi Mangkona,

7.    Abdoelgani,

8.    Andi Tjalo,

9.    Andi Moh. Tahir,

10.  Kamba,

11. La Magga,

12. Andi Borahima,

13. Andi Lolo,

14.  Sultan Buton,

15. Sapati Kendari

 

Pengukuhan anggota “Gabungan Sulawesi Selatan” atau “Dewan Selebes Selatan” dan Dewan Pelaksana Harian/Dewan Adat Tinggi “Gabungan Sulawesi Selatan” atau “Dewan Selebes Selatan”  berlangsung pada tanggal 18 Oktober 1948 di Kota Watampone.

 


Pada 12 November 1948 Residen Sulawesi Selatan Dr. J. van der Zwaal atas nama Pemerintah NIT di Makassar melantik Dewan Pelaksana Harian/Dewan Adat Tinggi “Gabungan Sulawesi Selatan” atau “Dewan Selebes Selatan” sebagai Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan.

 

Pada tanggal 26 April 1950 Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan dan Dewan Sulawesi Selatan, yang masing-masing diwakili oleh Andi Idjo Karaeng Kalolang (Ketua Muda Hadat Tinggi Sulawesi Selatan) dan Andi Burhanuddin (Ketua Dewan /DPRD Sulawesi Selatan), mengeluarkan pernyataan bahwa sesuai dengan kehendak rakyat Sulawesi Selatan, dengan ini mengatakan bahwa Sulawesi Selatan lepas dari NIT dan menggabungkan diri dengan Republik Indonesia sebagai satu provinsi.

 

 Pada tanggal 24 Juni 1950 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Dewan Pemerintah Daerah Gabungan Selebes Selatan mengalami koreksi dan disahkan oleh Menteri Urusan Dalam Negeri Negara Indonesia Timur  No. UPU 1/9/37.  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Selebes Selatan (Sulawesi Selatan) yang baru hasil koreksi tersebut kebanyakan mantan tokoh PNI dan tidak sedikit juga anggota-anggota Dewan yang lainnya pro Republik seperti halnya H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no

 

Pada tanggal 1 Maret 1951 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Propinsi Sulawesi mengadakan rapat yang dihadiri  oleh 27 anggota, hasil rapat tersebut  memutuskan untuk membubarkan ikatan Daerah Sulawesi Selatan (Dewan Adat Tinggi). Agar supaya Ikatan daerah itu dibagi menjadi beberapa kabupaten-kabupaten, yang langsung di bawah Propinsi, begitu juga membubarkan Dewan Pemerintah Daerahnya (Dewan Pelaksana Harian Dewan Adat Tinggi Gabungan Sulawesi Selatan) dengan mengangkat untuk sementara waktu satu Dewan Pemerintah baru, yang diberi tugas menjalankan likwidasi pemerintahan di daerah Sulawesi Selatan. Selain itu ada 31 (tiga puluh satu) anggota mengundurkan diri yang kemudian kembali kenegrinya mempersiapkan pembentukan Kabupaten-kabupaten di bawa naungan Provinsi Sulawesi.

 

Seiring dengan  terdorong oleh terbentuknya Negara Republik Indonesia Serikat ke arah suatu Negara Kesatuan Republik Indonesia, Presiden Indonesia Serikat Menimbang  Bahwa menjelang berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang terbagi atas daerah-daerah otonom, dipandang perlu untuk membentuk daerah-daerah propinsi sebagai persiapan pembentukan daerah-daerah otonom maka ada tanggal 14 Agustus 1950 terbit Peraturan Pemerintah No. 21/1950. yang kemudian melahirkan daerah Propinsi Sulawesi, maka Dewan Perwakilan Rakyat Daerah  Selebes Selatan berlanjut menjadi DPRD Propinsi Sulawesi yang berkedudukan di Makassar mengingat  ketentuan peralihan dalam pasal 34 ayat 2 jo. ayat 3 ditetapkan berjalan terus. Maka sejak tanggal 14 Agustus 1950 H. Densu Daeng Makkuling diangkat secara resmi sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Propinsi Sulawesi yang berkedudukan di Kota Makassar.

 

Kemudian pada tanggal 10 September 1951 Presiden RI mengeluarkan peraturan pemerintah Nomor 56 tahun 1951 tentang pembekuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Dewan Pemerintah Daerah Sulawesi-Selatan, dalam rangka persiapan pembagian wilayahnya dalam lingkungan daerah otonom Propinsi Sulawesi.

 

Terhitung tanggal 1 Juni 1952 H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no diangkat kembali sebagai Clerk / Sekretaris Kantor dan ditempatkan di Selayar untuk mempersiapkan pembentukan Kabupaten Selayar. Pada Bulan Juni 1953 kemudian dipindahkan ke daerah Barru kemudian dipindahkan ke kantor Kab. Daerah Pare-Pare dan di Pare-Pare dengan misi yang sama. Berhubung usia lanjut maka dengan permintaan sendiri di pensiunkan pada bulan Juli 1962.

 

Pada tanggal 4 Juli 1959 Presiden RI mengelauarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 29 tahun 1959 tentang pembentukan daerah tingkat II di Sulawesi Selatan, yang kemudian menjadi dasar Pembentukan Kabupaten Selayar.

 

 

DAFTAR RAJA-RAJA SELAYAR

 

 

 

 

 

1.

Opu Daeng Camu’mu’ Raja Selayar ke 1

 

 

2.

La Gojeng Patta Gintung Payung Tinggia I Raja Selayar ke 2

 

 

3.

Sangkala Daeng Mattola Payung Tinggia II Raja Selayar ke 3

 

 

4.

Gojeng Daeng Sipattang Payung Tinggia III Raja Selayar ke 4

 

5.

Raja Tua Payung Tinggia IV Raja Selayar ke 5

 

6.

Majunna Payung Tinggia V Raja Selayar ke 6

 

7.

Baso Bingkung Pelaksana Tugas Payung Tinggia

 

8.

La Konta Opu Daeng Mamangung Opu Bonea, Opu Silajara I,  Raja Selayar ke 8

 

9.

La Halang Daeng Rimongsong Opu Silajara II,  Raja Selayar ke 9

 

10.

Jangkiong Daeng Ma’bunga Opu Silajara III,  Raja Selayar ke 10

 

11.

Mahalang Daeng Mattali Opu Silajara IV,  Raja Selayar ke 11

 

12.

La  Mappanyukki Datu Lolo Suppa, Datu Silaja, Raja Selayar ke 12

 

13.

H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no Opu Silajara V,  Raja Selayar ke 13

  

SUMBER :  https://mahaputraselayarseketurunan.blogspot.com/search/label/A.%20%20SEJARAH 

Comments

Popular posts from this blog

MENCARI NEGERI CINA UNTUK WE CUDDAI

BATU-BATU MARIORIAWA ANTARA MITOS DAN FAKTA

MARIORIAWA