CATATAN MENGENAI SEJARAH DAN SILSILAH KE-OPU-AN SELAYAR
Asal muasal
Ke-opu-an Selayar tidak terlepas dari cerita-cerita dalam Epos I La Galigo dan beberapa nama kampung/tempat
yang tersebut dalam alur cerita dalam Epos
I La Galigo tersebut, tersebutlah beberapa nama orang serta kampung atau
tempatnya yang patut diduga sebagai Selayar seperti Laweda Ijeng ri Silaja, La Paduwai To Alalae Ri Buki Tengga (Silaja), We Rukkapoti Ri Silaja,
Sida’manasa To Buki’,
Daéng Pute’ To Buki’ dan Banyapaguling dari Mancapait.
Mengenai nama
Silaja hampir semua ahli sejarah mengartikan kata terserbut adalah Selayar.
Begitu juga nama Buki’ dan Buki Tengnga
tidak ada literatur yang menyebutkan Kampung/tempat Buki’, Buki Tengnga di
tempat lain kecuali yang ada di Pulau Selayar. Perkataan “ Buki’ “ berasal dari
kata Bugis Makassar Kuno yang sering dipakai sebagai kata ganti Lo’ atau Maelo
yang berati Mau. Arti lain kata Buki' adalah sebuah komunitas di wilayah utara Pulau Selayar.
Berbeda dengan
Kampung/tempat Mancapait, ada tiga tempat yang kemungkinan yang di maksud
Mancapait, Mancapait pertama yang berlokasi di Jawa Timur para ahli sejarah
menyebutnya Majapahit. Mancapait kedua
adalah yang berlokasi di Kolaka Utara
Sulawesi Tenggara dengan nama Majapahit.
Dan mancapait yang ketiga adalah Majapahit yang berlokasi di kec.
Pasimarannu Kabupaten Selayar.
Tersebutlah bahwa
Sawerigading bersama La Tenriranreng yang merupakan Penasehat Utamanya
sekaligus Iparnya melakukan perjalanan pelayaran untuk mencapai negeri Cina,
beberapa negeri yang disinggahinya seperti Jawaulio (Buton), Silaja (selayar)
dan Mancapait dan lain-lain, dan di Mancapait inilah Sawerigading mengalahkan musuh pertamanya di laut bernama
Banyapaguling dari Mancapait. Keterangan selanjutnya bahwa di Selayar inilah
keturunan La Tenriranreng (Kakak Kandung We Cudai) tersebar, Berikut
silsilahnya.
Di mulai dari La
Tenriangke Ajirisompa Batara Ile Taliunna Langi menikah dengan We Tenribilang
melahirkan anak : La Settungpugi Ri Malimongan Datu Cina.
Kemudian La
Settungpugi Ri Malimongan menikah dengan We Tenriabang melahirkan anak sebanyak
15 orang diantaranya anak tertuanya adalah La Tenriranreng ri
Baringeng-Bakkepute dan anak bungsunya adalah We Cudai.
La Tenriranreng Panrepatanga To Tenridio Opu Lagusi ri Baringeng-Bakkepute menikah dengan We Duppasugi I Weonia Opu Lagusi melahirkan dua orang anak, anak bernama La Paduwai To Alalae Ri Buki Tengnga (Silaja) kemudian anak adalah We Tongeng Langi Bissu Lolo To Laju (To Maros). Kemudian We Tongenglangi Bissulolo To Aju (To Maros) menikah dengan La Pammusureng Datunna Laju (Datunna Maros) melahirkan dua anak, anak bernama We Rukkapoti I Ri Silaja (Selayar) dan anak yang adalah Sida'manasa To Buki '(Selayar). La Paduwai Kepada Alalae Ri Buki Tengnga (Silaja) menikah dengan Rajamulia Tenripawali melahirkan anak To Rukkapoti II.
Kembali ke We Tenri Rua. Kami Tenri Rua menikah dengan La Temmamala To Lampoko ri Lompo ', kemudian menikah lagi dengan La Pawakkari Ri Wengeng kemudian melahirkan anak, anak pertama bernama La Pammusureng Datunna Laju (Datunna Maros) anak kedua bernama La Palajareng To Apesessung ri Wengeng.
La Pammusureng Datunna Laju (Datunna Maros) menikah dengan We Tongeng Langi Bissu Lolo To Laju melahirkan anak satu bernama We Rukkapoti Ri Silaja (Selayar), kedua bernama Sida'manasa To Buki '(Selayar).
Selain keturunan La Tenriranreng (Kakak Kandung We Cudai) ada pula keturunan Sawerigading. Ini bermula dari perkawinannya Sawerigading dengan We Carimpau Tenrilinrunge ri Lempang melahirkan anak bernama Tenriawaru atau dalam Epos juga di kenanal dengan nama We Wakkawaru Daeng Paraga Datunna Lempang, Kemudian We Wakkawaru Daeng Paraga Datunna Lempang menikah dengan La Sulolipu Sangadi Botto Sinaungpanjung melahirkan anak yang Mulia .
Rajamulia Tenripawili menikah dengan La Daeng Lolo To Majang kemudian menikah lagi dengan La Paduwai To Allalae Ri Buki 'Tenga (Selayar) melahrkan anak bernama To Rukka Poti (2) Ri Silaja (Selayar).
Sampai disinilah catatan Epos I Lagaligo mengenai Selayar. Istri Sawerigading yang lain adalah We Cudai, We Cudai menikah dengan Sawerigading melahirkan beberapa anak diantaranya We Tenridio, We Tenri Balobo dan La Galigo Mengenai anak-anak mereka yang tersebut di dalam Epos tidak ada satupun anaknya yang berdiam di Selayar.
Setelah pengaruh
Sawerigading dalam epos Ilagaligo berahir, maka masyarakat Selayar, sebagaimana
halnya masyarakat Sulawesi Selatan pada umumnya terjadi kekosongan
kepemimpinan, maka lahirlah pemimpin-pemimpin anang/kampung/wanua di daratan
Selayar hingga ke pelosok-pelosok kepulauan.
Di samping itu,
perhubungan masyarakat Selayar dengan Kedatuan Luwu sangat erat, mengingat
dengan adanya hubungan kekerabatan kerajaan Luwu dengan dengan negeri lain
seperti La Tenri Tatta ri Gima (Bima, Nusa Tenggara), La Tenri Peppang ri
Wadeng (Gorontalo) Topangkelareng ri Taranati (Ternate), La Temmadatu ri Butung
(Buton, Sulawesi Tenggara), Puang
Pongkopadang ri Pitu Babanna Binanga (Sulawesi Barat), Guru La Sellang Puang Palipada ri
Massenrengpulu (Enrekang), maka dengan posisi letaknya yang berada di tengah
jalur koneksi laut Kedatuan Luwu tersebut inilah yang menjadikan daratan Pulau
Selayar serta pulau-pulau disekitarnya menjadi tempat startegis untuk ditempati
bermukim bagi orang Luwu dan secara berkala Kedatuan Luwu mengirim
perwakilannya untuk menjadi pengatur keharmonisan orang-orang Luwu yang
mendiami pulau tersebut.
Pengiriman
perwakilan tersebut berlangsung lama dan sampai pada abad ke 15 tersebutlah
seorang perempuan yang bernama Opu Daeng Camu’mmu’ yang berasal dari Luwu yang dikirim untuk menjadi Opu bagi orang-orang Luwu di Selayar. Tidak
lama setelah kedatangan Opu Daeng Camu’mmu’ di Selayar, terjadi pula penaklukan wilayah Selayar dan sekitarnya dilakukan
oleh I Manriwagau Daeng Bonto Karaeng
Lakiyung Tunipallangga Ulaweng sehingga dapat mengusai daratan pulau selayar
dan pulau-pulau sekitarnya.
Selain penaklukan,
terjadi pulah pernikahan antara Daeng Camu’mmu’ Opu Selayar dengan I Manriwagau
Daeng Bonto Karaeng Lakiyung Tunipallangga Ulaweng sehingga membuat daerah
daratan bagian utara yang kebanyakan didiami oleh orang Luwu dibiarkan tetap di
kontrol oleh Kedatuan Luwu dalam bentuk ke-Opu-an, sedangkan daerah daratan bagian selatan di kontrol oleh
Kerajaan Gowa.
Keterangan dari H.
E. D. ENGELHARD dalam bukunya berjudul MEDEDEELINGEN OVER HET EILAND SALEIJER
terbit tahun 1884, bahwa Raja Gowa
Tu-maparisi-kalona bersama pelanjutnya Tu-nipalangga ( I Manriwagau Daeng Bonto
Karaeng Lakiyung Tunipallangga Ulaweng ) pernah menaklukkan Selayar. Di dalam
buku tersebut di peroleh keterangan sebagai berikut :
“ |
De eerste vorst
van Gowa, van wien de kronieken iets met zekerheid inededeelen, was
Toemaparisi-kalona (± 1500) die den grondslag legde voor het later zoo
machtige rijk. Hij toch onderwierp de kustlanden zoowel ten noorden als ten
zuiden van Makassar tot aan Boeloekomba, onderwierp Saleijer en sloot een
verbond niet Boni. Onder zijne regeering verschenen de Portugeezen te
Makassar van wie het waarschijnlijk is, dat zij eenigen invloed op de
binnenlandsclie aangelegenheden van zijn rijk hebben uitgeoefend. Na hem
maakte zijn zoon Toe-nipalangga zich meester van de gansche westkust tot het
laiidscliap Tontoli of Toli-toli zoonicde van Wadjo en verbond zich met
Loehoe.“[14] |
Terjemahan |
|
“ |
......di Makassar dan tempat lain di wilayah ini, yang
mengarah ke tahun revolusi, 1667. Raja
Gowa, yang sejarahnya menorehkan bahwa Tu-maparisi-kalona yang
meletakkan dasar bagi kerajaan yang belakangan begitu kuat. dia telah
menaklukkan daratan pantai di utara dan selatan Makassar sampai Bulukomba,
ditundukkan Saleijer menyusul Bone. Di bawah pemerintahannya muncul. Portugis
datang di Makassar yang kemungkinan besar mereka memberi pengaru besar di
sektor domistik sehingga dapat berjaya. Setelah itu pelanjutnya Tu-nipalangga ( I Manriwagau Daeng Bonto Karaeng Lakiyung Tunipallangga Ulaweng )
menguasai seluruh pantai barat hingga ke Tontoli atau Toli-toli dan putra
dari Wadjo bersekutu dengan Luwu..........” |
Dalam
penaklukan tersebut terjadi perkawinan antara Opu Daeng Camu’mu’ dari Selayar dengan I
Manriwagau Daeng Bonto Karaeng Lakiyung Tunipallangga Ulaweng dari Gowa. Berikut teks syair pantun berbalas pada saat acara pelamaran antara perwakilan I Manriwagau
Daeng Bonto Karaeng Lakiyung Tunipallangga Ulaweng dengan
Daeng Camu’mu’ dari Selayar ditulis ulang oleh B. F. MATTHES dengan judul MAKASSAARSCHE CHRES TO MATHIE.
Terbit tahun 1883. Berikut teks syair pantun berbalas tersebut sebagai berikut:
Daeng Camu’mmu! Daeng Camu’mmu!
Napasurowiko Danga.
Danga apayya?
Manosoka gaja.
Teya ridanga. Pabubulang-ja’ inakke.
Makanan tonja’ manyoweyang Sangko pa’pa.
Ma’pa’le tongja’ ma’ta’kang bulo silasa. Ma’pa’ja tongja’
ma’sara’udo’mpado’mpa.
Pungkongdo bileng. Siyapa ba’lang
nuwesa’?
Ruwaji ba’lang kuwesa’. Kuke’ro’
bangkeng. Kutamba’ tamba’ kanuku. Nakumanggappa ba’le ba’lang ruwa kayu.
Pumba’le ba’lang. Kupaenangko ri
pe’pe’. Lonnu ma’ba’mbang. Kuriyoko ba’llo a’lling. Lo’nu madingin. Kubo’long
bo’longko puca. Lo’nnu nibo’ne ripiring bunga paranggi. Lo’nnu nabi’bi’ kare’meng ma’tutungle’bong. Lo’nnu mantama
ribawa a’na’ karaeng. Lo’nnu naca’ma bibere ma’to’weto’we. Lo’nnu nala’tu
gi’gieja a’ri-annang. Lo’nnu mantama ri kallong ma’le’re’ le’re. Lo’nnu ma’naung
ri battang lanting pano’wang. Lo’nnu ma’su’lu ripa’ja ma’lisu so’ngko’.
Pumbantino’tto’! siyapa ro’mang
nuso’so’?
Ru’waji ro’mang kuso’so’.nasa’ra’
da’lle’. Na kumangga’ppa ru’wa ba’tu. Ru’wa
kayu. Se’re paballe. Se’re pakape sumanga’.
Inai a’na’. Lanukape sumanga’na?
Ana’na Gowa. Je’nekale’nna
Lakiyung.
Kurruke ja’ngang. Ritujunnako ida’eng.
To’tto’ garrinna. Balebe’sangi sawa’nna.
Nanu ri’ba’kkang cila’katama’tuwa’na.
Bangke’nnu. Kondo buleng! Ko’ntuwi laiya. Bonggannu. Ku’ndo! Ko’tuwi pape’pe’
ba’nnang. Ingko’nnu. Ko’do! Kontuwi buyang nila’ppa’. Dongko’nu ko’ndo!
Ko’ntuwi sorongang jawa. Bulu’nnu ko’ndo. Ko’ntuwi jarung paniti. Kanyinu.
Ko’ndo! Ko’ntuwi kipasa’ gading. Dada’nu. Ko’ndo buleng! Ko’ntuwi capa’ru
gading. Kallo’nnu. Ko’ndo! Ko’ntuwi ulara’ je’ne. Ulunnu. Ko’ndo! Ko’ntuwi
pase’ro’ minya’. Mata’nnu. ko’ndo bu’leng. Ko’ntuwi intang ta’ke’we’. Totto’nu.
Ko’ndo! Ko’ntuwi sipi bulaeng. Lila’nu. Ko’ndo! Ko’ntuwi i’ru’ iru’kang.
Parrunu. Ko’ndo! Ko’ntuwi gallang niye’ka’.
Ate’nnu. Ko’ndo! Ko’ntuwi kamangnyang ba’u’. Ampe’rengannu. Ko’ndo!
Ko’ntuwi pamone’yang nisumpa. Rappo’nnu. Ko’ndo! Ko’ntuwi subang ri to’li.
Tainnu. Ko’ndo bu’leng. Ko’ntuwi pale’yo’ ba’sa.
Daeng Camu’mu’! Daeng Camu’mu’!
Ka’do’lalomi ka’do’nu. Po’ro sika’de.
Po’roiyang ribawa’nu! Pale’me’ le’me’. Nama’naung rikallo’nnu. Nasiko’ntumo
ma’sau. Nate’yamo masiga. Nama’te’nemo pama’i. [15]
TERJEMAHAN
(Wanita itu :) |
Daeng Camu’mmu’! Daeng Camu’mmu’! Seekor Burung Nuri memiliki pesan untukmu. |
|
|
(Daeng Camu’mmu’ menjawab :) |
Maksudnya |
(Wanita itu :) |
Burung Nuri yang perkasa seperti gajah besar. |
|
|
(Daeng Camu’mmu’) |
Saya tidak mau sama Burung Nuri yang perkasa itu. Saya hanya salah satu tukang kebun dan hanya tahu bagaimana
menangani bambu sangko, namun saya juga tahu hanya milikku terbuat dari
sebatang bambu (Artinya: Daeng Camu’mu
menganggap dirinya orang terlalu lemah). Wajahku yang hitam manis ini juga bisa melihat dan
membandikan kepalaku dengan Saraung
Do’mpado’mpa (topi petani). |
|
|
(Sekarang Daeng
– Camu’mmu melihat burung lain kemudian ia berbicara :) |
Oh bangau putih! Berapa banyak
sungai yang sudah engkau dikeringkan? |
|
|
(Bangau menjawab
:) |
Saya hanya mengeringkan dua sungai. Aku meraupnya dengan kakiku. Aku
menimbanya dengan kakiku dan cakarku, dan menangkap dua ikan
Ba’lang. |
|
|
(Sekarang Daeng
Camu’mmu’ membahas kedua ikan itu :) |
Oh Ikan Ba’lang! Aku akan
membaringkanmu di atas api sampai enkau hangat, Aku akan menyiram dengan cuka. Dan kemudian saat enkau
dingin, Saya membungkusmu dengan daun Puca, dan diletakkan di atas piring
bercorak bunga paranggi, Kemudian kamu akan dimakan dengan jari yang lentik,
dan masuk dimakan anak Karaeng, di di
masukkan ke dalam lalu di kunyah gigi yang rapih, hingga halus. Kemudian di
telan measuk keleher yang Ma’lere’lere
dan berjenjang indah sampai keperut yang ramping. dan akhirnya di buang. |
|
|
(Kemudian Daeng
Camu’mmu’ menemukan seekor burung Bantino’tto’ (Burung Pelatuk)! , yang sedang sibuk membenturkan paruhnya
ke batang pohon; dan berbicara dengannya:) |
Hai! Bantino’tto’ (Burung Pelatuk)!
berapa banyak hutan yang telah engkau bersihkan? |
|
|
(Bantino’tto’
menjawab: ) |
Hanya dua hutan yang saya bersihkan sudah terbenam matahari, Tetapi
saya telah menemukan dua batu, dua kayu, satu obat, satu penenang jiwa. |
|
|
(Daeng
Camu’mmu’, dan wanita itu, bertanya :) |
Anak siapa yang engkau tenangkan jiwanya? |
|
|
(Bantino’tto’
menjawab: ) |
Anaknya Gowa, anak kandungnya Lakiyung, |
|
|
(Wanita itu
melanjutkan :) |
Hai Ayam datanglah ke Daeng untuk mematuk penyakitnya agar penyakitnya
hilang. Supaya semangatnya
kembali dan sialpun hilang. |
|
|
(Kemudian
perhatian kembali ke bangau yang luar biasa, yang tidak pernah dicat :) |
Kaki engkau, Wahai bangau! Seperti Laiya.. Pahamu Wahai bangau! Sepeti
Lidah Tenun. Ekormu. Wahai bangau! Seperti kertas lipat, Punggungmu, Wahai
bangau! Seperti kotak sirih jawa, Buluh-buluhmu Wahai bangau! Seperti seperti
halusnya jarum peniti. Sayapmu, Wahai bangau! Seperti kipas gading, Dadamu
Wahai bangau! Seperti gading Capa’ru. Lehermu, Wahai bangau! Kalau menelan
air seperti terbayang, Kepalamu Wahai bangau! Seperti mangkuk minyak. Bola
matamu Wahai bangau! Seperti berlian yang cemerlang, Paruhmu Wahai bangau!
Seperti gunting emas. Lidahmu Wahai
bangau! Seperti pengupas dari kotak sierih. Ususmu Wahai bangau! Seperti
kawat tembaga kuning, Hatimu Wahai bangau! Seperti kotak kemenyang. Perutmu,
Wahai bangau! Seperti kotak Kancing
bertabur logam, Ginjalmu Wahai
bangau! Seperti anting.Taimu Wahai bangau! Seperti adukan kapur sirih yang
basah. |
|
|
(Wanita itu
menyapa lagi Daeng Camu’mmu’:) |
Daeng Camu’mu’!, Daeng Camu’mu’!
makalah makananmu (terimahlah lamarannya), telan pelan-pelan agar
turun di lehermu agar kamu tidak menyesal nanti serta engkau dapat riang
gembira. |
Dari pernikahan antara Selayar
dan Gowa ini, maka pada bagian ini diuraikan silsillah keturunannya
sebagai berikut : Opu Daeng Camu’mmu’ dari Selayar menikah dengan I Manriwagau Daeng
Bonto Karaeng Lakiyung Tunipallangga Ulaweng
maka lahirlah La Gojeng Patta Gintung, kemudian La Gojeng Patta
Gintung menikah dengan Sarialang Daeng Baji maka lahirlah Sangkala Daeng
Mattola, Sangkala Daeng Mattola menikah dengan Saramina Daeng Baji maka
lahirlah Gojeng Daeng Sipattang, Gojeng Daeng Sipattang menikah dengan Mariama
Daeng Tonji maka lahirlah Limakung Daeng Ma’janang, Limakung Daeng Ma’janang
menikah dengan Maridaeng maka lahirlah empat orang anak yaitu : pertama
Jahabang Daeng Siratang Gallarang Poiya / Manarai Pertama, kedua Mustari, ketiga Lepu dan yang keempat adalah
Saripa Daeng Tonji.
Sejak Selayar
menjadi daerah taklukan Kerajaan Gowa,
maka pengangkatan keturunan I Manriwagau
Daeng Bonto Karaeng Lakiyung Tunipallangga Ulaweng dengan Opu Daeng Camu’mu’
menjadi Kuasa Kerajaan Gowa dengan gelar Payung Tinggia di selayar silih
berganti. Dan Kuasa Kerajaan Gowa di
selayar yang terakhir menerima gelar Payung Tinggia sebagai simbol Kuasa Kerajaan
Gowa di Selayar adalah bernama Majunna Ri Bontobangun.
Simbol Kuasa Gowa di Bontobangun inilah menjadi Cikal Bakal terbentuknya Regan
van Bontobangun .
Berikut silsilahnya :
Bermula dari Opu Daeng Camu’mmu’ Opu Silaja menikah
dengan I Manriwagau Daeng Bonto Karaeng Lakiyung Tunipallangga Ulaweng Somba
gowa melahirkan La Gojeng Patta Gintung dengan gelar Payung
Tinggia I Raja Selayar ke 2.
Gojeng Patta Gentung memperistri Sarialang Daeng Baji melahirkan beberapa
putra-puteri dan putra tertuanya bernama
Sangkala Daeng Mattola dengan gelar Payung Tinggia II Raja Selayar 3.
Sangkala Daeng Mattola memperistri Saramina Daeng Baji melahirkan beberapa putra-puteri
dan putra tertuanya bernama Gojeng
Daeng Sipattang dengan gelar Payung Tinggia III Raja Selayar 4.
Gojeng Daeng Sipattang memperistrikan Mariama Daeng Tonji melahirkan beberapa
putra-puteri diantaranya bernama:
- Di kenal dengan nama Raja Tua dengan gelar Payung Tinggia IV Raja Selayar 5,
- Bernama Limakung Daeng Majjannang.
Raja Tua mempunyai beberapa putra-puteri diantaranya bernama:
- Bernama Majunna dengan gelar Payung Tinggia V Raja Selayar 6 dan meninggal semasa remaja,
- Bernama Maibah Daeng Memang,
Karena Majunna masih remaja dan belum mempunyai
permaisuri maka aturan adat pada masa itu bahwa tugas-tugas penerima Payung
Tinggia sebagai simbol kuasa Kerajaan Gowa di Selayar akan di laksanakan oleh Pelaksana
Tugas Payung Tinggia, maka ditunjuklah Baso Bingkung sebagai Pelaksana Tugas
Payung Tinggia V dan Raja Selayar ke 6 jabatan ini berahir jika Majunna sudah
mempunyai Permaisuri,akan tetapi malang bagi Majunna, ia meningga masih usia
remaja.
Sejak Selayar menjadi daerah taklukan Kerajaan
Gowa, maka pengangkatan keturunan I
Manriwagau Daeng Bonto Karaeng Lakiyung Tunipallangga Ulaweng dengan Opu Daeng
Camu’mu’ menjadi Kuasa Kerajaan Gowa dengan gelar Payung Tinggia di
selayar silih berganti. Dan Kuasa Kerajaan Gowa di selayar yang terakhir
menerima gelar Payung Tinggia sebagai simbol Kuasa Kerajaan Gowa di Selayar
adalah bernama Majunna Ri Bontobangun Simbol Kuasa Gowa di
Bontobangun inilah menjadi Cikal Bakal terbentuknya Regan van Bontobangun
Kembali ke Limakung Daeng Majjannang saudara kandung Raja Tua, Payung Tinggia
IV Raja Selayar 5, Limakung Daeng Majjannang memperistrikan Maridaeng
melahirkan :
- Jahabang
Daeng Siratang dengan gelar Gallarang Poiya Manarai I (Putra)
- Mustari
(Putra)
- Lepu
(Putra)
- Saripa
Daeng Tonji (Putri),
Pada saat Jahabang
Daeng Siratang menikah dengan Putri Bontobangun yang bernama Maibah Daeng
Memang (Putri Raja Tua dan Adik Kandung Majunna Payung Tinggia V Opu
Raja Selayar ke 6) dan merupakan sepupu satukalinya juga, maka Pelaksana
Tugas Payung Tinggia di Bontobangun Selayar meminta Pulau Pasi’ di
bersihkan untuk dijadikan pemukiman. Kemudian belakangan hari pemukiman
tersebut menjadi ramai maka dinamailah Paoiya dan yang menjadi pengusasa
pertamanya di tunjuklah Jahabang Daeng Siratang menjadi Gallarang Paoiya
Pertama. Seiring perkembangan pemukiman Poiya, berkengbang pula
pemukiman-pemukiman baru di pulau Pasi’, maka Jahabang Daeng Siratang membentuk
struktur kekuasaan baru dan membentuk beberapa gelar hirarki jabatan sebagai berikut:
Gallarang Poiya |
Raja utama yang
meliputi wilayah Buloiya, Poiya dan Manarai, dan kemudian hari wilayah
Buloiya menjadi tempat bermukimnya Gallarang Lolo / Galla Lolo. |
|
|
Jannang Gusung |
Kuasa raja utama
pada daerah Gusung dan Gusung Tallang dan sekitarnya |
Jannang
Dongkalang |
Kuasa raja utama
pada daerah Dongkalang dan sekitarnya |
|
|
Ammatau |
Ketua Kaum di Kahu-kahu-Dopa |
Berikut
Silsilahnya Jahabang Daeng Siratang Gallarang Poiya Manarai Pertama
Silsilahnya Jahabang Daeng Siratang Gallarang Poiya
Manarai Pertama menikah dengan Maibah Daeng Memang melahirkan beberapa Putra-Putri:
- Rifa
Dg Nibae
- Mahbuba
- Marialang
- Yaking
- Mahakung
Ripa Daeng Nibae bersuamikan Jeko Daeng Manumpa
(Putra dari Serang Daeng Makkulung Opu Onto yang menikah dengan anak
dari La Konta Opu DaEng Mamangung Opu Bonea), adapun Jeko
Daeng Manumpa merupakan Gallarang Lolo mendampingi Demma Ali
Daeng Sibali Gallarang Poiya manarai ke 2 kemudian selanjutnya
diangkat menjadi Gallarang Poiya Manarai ke 3 dan
melahirkan Putra dan Putri diantaranya
- Rampe
Daeng Rapanna,
- Ma’uji,
- Halifa,
- Kamu’,
- Syarifa,
- Karama’
Daeng Managgala
Rampe Daeng Rapanna Kawin dengan Baso Onto Daeng Mangasi melahirkan:
- Marimang
Daeng Memang,
- Siti
Kesuma Daeng Kanang,
- Daeng
Talarra,
- Jalumaddin
Daeng Mattola
Siti Kesuma Daeng Kanang kawin dengan Densu
Daeng Makkuling Opu Silajara V, Raja Selayar ke 13, Anggota DPRD
Propinsi Sulawesi pada Tahun 1950 melahirkan anak bernama Ahmad Rifai
Daeng Sirama Patta Kantoro atau biasa disebut Ahmad Densu saja.
Kemudian Siti Kesuma Daeng Kanang kawin lagi
dengan Martabat Daeng Patemba Gallarang Poiya Manarai ke 4 melahirkan dua
anak, anam pernama adalah Hj. Nur Yalamlam Daeng Cayana dan anak keduanya
adalah Hj. Nurhani Daeng Te'ne
Kemudian Kembali ke Yaking........................
Yaking menikah dengan Sitti Hawang Putta Bone
melahirkan beberapa anak diantaranya,
- Sitti Arah Daeng Pa'ja,
- Balumbung,
- Bongkousu,
- Baso Arase, dan
- H. Saini
Sitti Arah Daeng Pa'ja menikah dengan Demma Ali Daeng
Sibali Gallarang Poiya Manarai ke 2 melahirkan beberapa anak, diantaranya :
- Baso Gallarang Daeng Mamaling
- Sitti Fatima Daeng Rinni,
- Makkasa Daeng Mattara,
- Sitti Rukiyah Daeng Baji.
Pengangkatan Demma
Ali Daeng Sibali sebagai Gallarang Poiya Manarai ke dua ini dikarenakan Jahabang
Daeng Siratang Gallarang Poiya Manarai Pertama Mangkat dalam keadaan putra
putrinya belum ada yang dewasa dan posisi Demma Ali Daeng
Sibali sesungguhnya adalah seorang bangsawan dari Gantran Keke dan
merupakan keluarga dekat dari Jeko Daeng Manumpa Gallarang Paoya Manarai ke 3.
adapun istri pertama Demma Ali Daeng Sibali adalah keluarga
dekat dari Maibah Daeng Memang istri Jahabang Daeng
Siratang Gallarang Poiya Manarai Pertama salah seorang putri bangsawan
dari Bontobangun.
Adapun Bongkousu
menikah dengan Jehe melahirkan beberapa anak diantaranya :
- Bernama Martabat Daeng Patemba Gallarang Poiya Manarai ke 4,
- Sitti Aisyah.
Martabat Daeng Patemba
Gallarang Poiya manarai ke 4 menikah dengan Siti Kesuma Daeng
Kanang melahirkan dua anak sebagai berikut :
- Hj. Nur Yalamlam Daeng Cayana dan
- Hj. Nurhani Daeng Te'ne
Kemudian Kembali ke Baso Onto Daeng Mangasi yang
meperistrikan Rampe Daeng Rapanna
Bermula dari Daeng Mambakkasan (saudara dari La Konta Daeng Mamangung Opu
Bonea, Opu Silajara I Raja Selayar ke 8) mempunyai beberapa anak
diantaranya sebagai berikut :
- Serang Daeng Makkulung Opu Onto,
- Daeng Mattola Opu Onto
Serang Daeng Makkulung Opu Onto menikah dengan seorang
putri Siloka melahirkan beberapa anak diantaranya :
- Jeko Daeng Manumpa Gallarang Poiya manarai ke 3
- Rendaeng (Istri dari Gallarang Bessorang)
- Raha Daeng Manyaha (saudara lain ibu dan merupakan leluhur orang Buloyya)
Jeko Daeng Manumpa merupakan Putra Mahkota untuk wilayah Siloka-Gantran Keke, Muntea-Namanilingi,
Sepe-Batupakere.
Pada waktu Jeko
Daeng Manumpa masih remaja ketentuan adat pada masa itu berlaku
bahwa Jeko Daeng Manumpa baru bisa di nobatkan menjadi pemimpin
adat di wilayah Siloka-Gantran Keke, Muntea-Namanilingi,
Sepe-Batupakere. kalau Jeko Daeng Manumpa sudah mempunyai permaisuri.
Pada waktu bersamaan
paman Jeko Daeng Manumpa (saudara kandung Opu Onto) yang
bernama Opu Sisi terjadi skandal dengan nenek tante dari Opu Guru
Saluma yang bernama Sio yang merupakan putri tercantik di wailayah tersebut
tetapi malang baginya Sio meninggal disaat dia mau melahirkan bayinya
karena tidak mau mengedam.
Setelah tetua adat
Siloka menyampaikan hal tersebut ke Opu Onto akan tetapi dalam sidang adat Onto,
Opu Sisi tidak mengakui skandal tesebut sehingga malang baginya pada saat
hitungan empat puluh hari sejak Sidang, kemudian ada yang menombak dari Bawah
Istana (So'loro) dan menurut tutur Opu Guru Saluma yang melakukan
penombakan tersebut bukan dari Siloka dan kemungkinan yang melakukan hal
tersebut dalah keluarga sendiri dari Onto yang merasa malu atas skandal
tersebut
Dengan adanya
peristiwa inilah sehingga Jeko Daeng Manumpa merasa malu sehingga menghilang
dari Siloka dan kemudian hari Orang Siloka baru mengetahui keberadaanya
setelah Jeko Daeng Manumpa diangkat menjadi
Gallarang Lolo di Poiya Manarai.
Setelah Jeko Daeng
Manumpa memperistrikan Ripa Daeng Nibae putri
bungsu Jahabang Daeng Siratang Gallarang Poiya Manarai pertama ,
maka Demma Ali Daeng Sibali Gallarang Poiya Manarai ke 2
mengangkat Jeko Daeng Manumpa sebagai Gallarang Poiya
Manarai ke 3.
Jeko Daeng Manumpa
Gallarang Poiya manarai ke 3 menikah dengan Ripa Daeng
Nibae dan melahirkan Putra dan Putri diantaranya
- Rampe Daeng Rapanna,
- Ma’uji,
- Halifa,
- Kamu’,
- Syarifa,
- Karama’ Daeng Managgala
Kemudian kembali ke Daeng Mattola Opu
Onto
Daeng Mattola Opu Onto
mempunyai anak bernama Tetta Samang kemudian Tetta Samang mempunyai anak
bernama Baso Onto Daeng Mangasi, kemudian Baso Onto Daeng Mangasi menikah
dengan Rampe Daeng Rapanna dan melahirkan beberapa Putra dan Putri sebagai
berikut:
- Marimang Daeng Memang,
- Siti Kesuma Daeng Kanang,
- Daeng Talarra,
- Jamaluddin Daeng Mattola
KEDATANGAN OPU DAENG
MAMANGUN BERSAUDARA
Pada abad abad ke 17 Lakonta Opu Saeng Mamangun terpilih menjadi Opu Bonea sebagai kelanjutan perwakilan Kedatuan Luwu di Selayar untuk pengatur keharmonisan orang-orang Luwu yang mendiami pulau Selayar, oleh karena itu ia datang ke Bonea untuk diangkat menjadi Opu Bonea di Selayar bersama saudaranya yang bernama Daeng Mambakkasang Opu Onto dan Daeng Manrongrongi Opu Gantarang Lalangbata. Selain sebagai Opu Bonea La Konta Opu Daeng Mamangun juga di tunjuk sebagai Raja Selayar dengan gelar Opu Silajara I. untuk menggantikan Pelaksana Tugas Payung Tinggia ke V Raja Selayar ke 6.
Dalam kepemimpinannya
sebagai raja Selayar, La Konta Opu Daeng Mamangun menata ulang
Selayar, ciri mendasar pemerintahannya adalah penggunaan Sapaan Opu dalam
jabatan-jabatan baru yang dibentuknya. Berikut beberapa Istilah jabatan yang
dibentuk oleh Opu Daeng Mamangun.
Opu |
Raja Utama |
|
|
Opu Lolo |
Wakil Raja Utama di wilayah tertentu dan bisa
diangkat menjadi Opu |
|
|
Opu Balegau |
Opu yang membawahi beberapa kampung |
|
|
Ponggaha / Opu Pongga |
Wakil Raja Utama di wilayah tertentu, ini
terjadi karena raja yang di tunjuk adalah perempuan. |
Selama
pemerintahannya, Opu Daeng Mamangung menata ulang Ke-Opu an Selayar
dengan Pusat kerajaan adalah Mare-Mare.
Opu Daeng Mamangun
membagi Selayar menjadi dua wilayah pemerintahan Ke-Opu-an, yaitu pemerintahan
Ke-Opu-an Benea yang wilayahnya meliputi perbatasan
Kota Benteng keutara sampai Pasina Tanete dan Opu Daeng Mamangun sendri menjadi
Opu Bonea. Ke-Opu-an Benea dibantu oleh keluarganya yaitu Opu Tanete
berkedudukan di Tanete, Opu Batangmata berkedudukan di Batang Mata, Opu Onto
berkedudukan di Onto, Opu Buki berkedudukan di Buki’, Opu Mare-mare
berkedudukan di Mare-Mare, dan khusus Opu Lolo Mare-mare maka putranya sendiri
yang bernama La Halang Daeng Rimongsong yang di tunjuk langsung menjadi Opu
Mare-Mare.
Berikutnya adalah Pemerintahan Ke-Opu-an Bontobangun yang wilayahnya meliputi perbatasan Kota
Benteng ke selatan sampai pulau-pulau seperti Bahuluang, Tambolongan, Polassi,
Jampea, dan Kayuadi dan sekitarnya sampai ke Pulau Bonerate dan Pulau Lambego
dan sekitarnya.
Ke-Opu-an
Bontobangun di bantu dengan keluarganya seperti Opu Laiyolo
berkedudukan di Laiyolo, Opu Ballabulo berkedudukan di Ballabulo, Opu
Bontoborusu berkedudukan di Bontoborusu, Opu Barangbarang berkedudukan di
Barangbarang dan di pulau-pulau terdiri atas dua perwakilan yaitu untuk wilayah
Bonerate, Lambego dan sekitarnya ditunjuk satu perwakilan dengan gelar Opu. Diwilayah
Jampea, Kayuadi dan sekitarnya satu perwakilan dengan gelar Opu. Selain itu ada
beberapa Ponggaha (Opu Pongga) antara lain: Bonelohe, Jambuyya, Gantarang, dan
Jampea sendiri.
Dengan adanya dua pola
kepemimpinan dan Ke-Opu-an di Selayar ini, tidak membuat kedua kelompok
pemangngku adat di Selayar saling bermusuhan melainkan mereka saling
mempersatukan diri dengan pola kawin-mawin dengan kedua belah pihak, sehingga
tercipta persaudaraan, kekeluargaan, kekerabatan seketurunan sekalipun mungkin
kakeknya dari luar Selayar tetapi beliau-beliau kawin-mawin dengan pribumi asli
Selayar itu sudah dianggap merupakan bagian dari keluarga selayar atau dengan
istilah SELAYAR SEKETURUNAN.
Berikut silsillah Opu Daeng Mamangun
La Patau’ Matanna Tikka Arung Palakka Sultan Alimuddin Idris Ranreng Tuwa Wajo
Petta MatinroE ri Nagauleng Mangkau ri Bone XVI (1696-1714)Dan Datu Soppeng
XVIII menikah dengan We Ummung (Tenri Ummung) Datu Larompong Petta MatinroE ri
Bola Jalajja’na (Putri dari Sattiaraja Petta MatinroE ri Tompotikka Pajung ri
Luwu XIX, dari Istrinya yang bernama We Diyo’ DaEng Massiseng Petta I Takalara
MatinroE ri LawElareng) melahirkan putra-putri sebagai berikut :
- La Temmasonge’ (La Mappasosong)
Sultan Abdul Razak Jalaluddin Petta MatinroE ri Mallimongeng Mangkau’ ri
Bone XXII (1749-1775), Somba Gowa ke XXVIII (1770-1778) dan Datu Soppeng
ke XXV (1746-1747)
- We Batari Toja DaEng Talaga Mangkau
ri Bone XXI (1724-1749), Pajung ri Luwu XXIII (1715-1748)
- We Patimanaware’ Arung Timurung Opu
PawElaiyyE ri Bola Ukiri’na
- Opu TolEmbaE
- La SallE Opu Daeng Panai’
La SallE Opu Daeng Panai’ menikah dengan I BessE Opu DaEng Tarima, melahirkan
putra-putri sebagai berikut:
- Opu MpElaiyangngi Kannana (suami Opu
BoE),
- Opu DaEng Talala (suami Maddika
Sangalla).
Opu DaEng Talala menikah dengan Maddika Sangalla’, melahirkan beberpa
Putra-Putri, diantara Putranya yang datang ke Selayar adalah sebagai berikut :
- La Konta Opu DaEng Mamangung kemudian dangkat menjadi Opu Bone dan Raja Selayar dengan gelar Opu Bonea, Opu Silajara I, Raja Selayar ke 8
- Opu Daeng Mambakkasang kemudian dangkat menjadi Opu Onto
1.
La Konta Opu DaEng Mamangung mempunyai beberapa
putra dan putri diantaranya adalah :
- La Halang Daeng Ri Monsong dengan gelar Opu mare-Mare, .Opu Silajara II, Raja Selayar ke 9.
- Istri dari Serang Daeng Makkulung Opu Onto bin Daeng Mambakkasang
La Halang Daeng Ri Monsong bergelar Opu Mare-Mare menikah dengan anaknya La
Mappepenning Daeng Makkuling Ponggawa Bone melahirman anak bernama Opu
Jangkiong Daeng Ma’bunga, dengan gelar Opu Silajara III, Raja
Selayar ke 10.
Kemudian Serang Daeng Makkulung Opu Onto menikah
dengan anak dari La Konta Opu DaEng Mamangung Opu Bonea, Opu
Silajara I, Raja Selayar ke 8 melahirkan anak bernama :
- Jeko Daeng Manumpa Gallarang Poiya Manarai ke 3
- Rendaeng
Kembali ke Opu Jangkiong Daeng
Ma’bunga .......
Opu Jangkiong Daeng Ma’bunga mempunyai satu orang
Putra dan dan beberapa orang Putri diantaranya:
- Mahalang Daeng Mattali dengan
gelar Opu Silajara IV, Raja Selayar ke 11
- Marajambu Daeng Ti’no'
Mahalang Daeng Mattali (Putra) mempunyai putra-putri diantaranya
adalah :
- Densu Daeng Makkuling dengan gelar dengan gelar Opu Silajara V, Raja Selayar ke 13, Anggota DPRD Propinsi Sulawesi pada Tahun 1950.
- Denri Daeng Mallabasa
- Timang Daeng Tanning
- Ibrahim Daeng Maratang Karaeng Bontosunggu dan
- Djarialang Daeng Ritangnga
Densu Dg Makkulin Menikah dengan Daeng Sibollo mempunyai anak 7 orang 4 laki-laki 3 perempuan, menikah lagi dengan Pinra melahirkan seorang laki-laki, kemudian menikah lagi dengan Siti Kasuma Dg Kanan melahirkan Ahmad Rifai Daeng Sirama Patta Kantoro
Dengan adanya dua
pola kepemimpinan dan Ke-Opu-an di Selayar ini, tidak membuat kedua kelompok
pemangngku adat di Selayar saling bermusuhan melainkan mereka saling
mempersatukan diri dengan pola kawin-mawin dengan kedua belah pihak, sehingga
tercipta persaudaraan, kekeluargaan, kekerabatan seketurunan sekalipun mungkin
kakeknya dari luar Selayar tetapi beliau-beliau kawin-mawin dengan pribumi asli
Selayar itu sudah dianggap merupakan bagian dari keluarga selayar atau dengan
istilah SELAYAR SEKETURUNAN.
Pada
abad ke 16, VOC (Perusahaan Dagang Belanda) datang ke Nusantara, VOC adalah
sebuah perusahaan dagang Belanda yang mempunyai kekuatan utama di perdagangan
Asia sejak awal 1600-an dan sering melakukan campur tangan dalam politik
pribumi di Nusantara
Pada tahun 1739 VOC/Belanda
mendudki Kepualuan Selayar, dan pada tahun itupula VOC/Belanda menetapkan
seluruh kepulauan Selayar beserta pulau-pulau disekitarnya ditetapkan sebagai
sebuah keresidenan dimana residen pertamanya adalah W. Coutsier (menjabat dari
1739-1743). Adapun keberadaan Kuasa Gowa di Bontobangun dan Ke-Opu-an Bonea di
Mare-Mare masing-masing di tetapkan sebagai Regan di bawah kontrol Kresidenan
Selayar. Kuasa Gowa di Bontobangun berubah nama menjadi Regan Van Bontobangun
sedangkan Ke-Opu-an Bonea di Mare-Mare berubah nama menjadi Regan Van Bonea.
Dan keduanya masing-masing di pimpin seorang Opu. Dalam pemilihan Opu di kedua
regan ini juga mengalami intervensi oleh Belanda sehingga orang yang diangkat
menjadi Opu dan Opu Lolo harus berpihak
kepada Belanda. Hal ini juga dapat dilihat dalam penetapan ibukota pemerintahan
Regan, Regan Van Bonea yang tadinya bepusat di Mare-Mare oleh Belanda di
pindahkan ke Bonea sedangkan Ragan Van Bontobangun yang semula di Bontobangun
oleh Belanda dipindahkan ke Matalalang.
Akibat dari penaklukan ini
maka Bangsawan Selayar sebagai pewaris sah kepemimpinan Selayar terjadi
polarisasi dan terbagi menjajdi dua kelompok dalam menyikapi pendudukan Belanda
di Selayar.
Kelompok pertama adalah para
Putra Mahkota pewaris tahta Kerajaan Selayar, kelompok ini menganggap VOC/Belanda adalah sebuah kerajaan
dari negeri Jauh dan merampas hak dan kedaulatan Kerajaan Selayar dan kelompok
ini tidak pernah melakukan kerjasama dengan VOC/Belanda dan sering mengadakan
perlawanan secara parsial dan tidak terorganisir, Kelompok kedua adalah para bangsawan
daerah-daerah yang menjadi bagian wilayah kekuasaan kerajaan Selayar. Kelompok
ini lebih memilih bekerjasama dengan VOC/Belanda. Pada tahun 1800 wilayah
kekuasaan kerajaan Selayar menjadi
bagian wilayah kerajaan Belanda sehingga kebaradaan Opu Jangkiong Daeng
Mabbunga sebagai Raja Selayar hilang
kedaulatan Politiknya dan hanya mengurusi penyelenggaran adat dan
penyelenggaraan keagamaan, keberadaanya antara ada dan tiada. Hal ini terjadi
karena semua opu-opu yang menjadi daerah kekuasaanya tunduk dan beripihak ke
VOC/Belanda.
Pada saat Mahalang Daeng Mattalli menggatikan
ayahandanya Opu Jangkiong Daeng Mabbunga sebagai Raja Selayar, untuk
penyelenggaraan adat dan Penyelenggaraan keagamaan kerajaan seperti Opu Kadi
dan Opu Katte dan lain-lain tidak ada yang ditunjuk sebagai pelaksana tugas,
maka semua urusan penyelenggaran adat dan keagamaan kerajaan beliaulah yang
memimpin penyelenggaraan secara langsung.
Pada
tahun 1905, Sulawesi Selatan benar-benar ditaklukkan Belanda dan Raja
Gowa I Makkulau Daeng Serang
Karaeng Lembangparang Sultan
Husain Tuminang ri Bundu'na meninggal dalam pengejaran Belanda
serta La
Mappanyukki Datu Lolo Suppa ditangkap dan di buang ke Selayar maka terjadilah
kekosongan kepemimpinan lokal di Sulawesi Selatan. Setelah tahun 1906 Belanda
membentuk Zelf Beestuur (Pemerintah Pribumi/Swapraja) yang dibawahi oleh
Controleur (Pejabat Belanda) untuk Onder Afdeling, berikut struktur
Pemerintahan Belanda dan Pribumi/Swapraja setelah tahun 1906
Jabatan |
Gelar |
Nama Daerah |
Pejabat |
Cakupan Wilayah |
|
|
|
|
|
Gewest |
Gubernur |
Gubernur Timur Raya |
Pemerintah Belanda |
Indonesia Timur |
Residensi |
Resident |
Residen Selebes Selatan |
Pemerintah Belanda |
Selebes Selatan |
Afdeling |
Asisten Afdeling |
Afdeling Bonthain |
Pemerintah Belanda |
Bantaeng, Bulukumba dan Selayar |
Onder Afdeling |
Kontroleur |
Onder Afdeling Selayar |
Pemerintah Belanda |
Seluruh Kepulauan Selayar dan Pulau-Pulau di sekitarnya
|
Ditrik |
Regant |
1.
Regan Van Bonea |
Pemerintah Pribumi/Swapraja |
Seluruh Wilayah Opu Bonea |
2.
Regan Van Bontobangun |
Pemerintah Pribumi/Swapraja |
Seluruh Wilayah Opu Bontobangun |
||
Kampong |
Kepala Kampung |
Para Gallarang dan
Punggaha |
Pemerintah Pribumi/Swapraja |
Masing wilayah Para Gallarang dan Punggaha |
Dengan adanya pemerintahan Zelf Beestuur (Pemerintah
Pribumi/Swapraja) yang dibawahi oleh Controleur (Pejabat Belanda) untuk Onder
Afdeling Selayar, membuat posisi Mahalang Daeng Mattalli selaku Raja
Selayar kehilangan Legitimasi.
Maka momentum
pembuangan La Mappanyukki Datu Lolo Suppa di manfaatkan
oleh Mahalang Daeng Mattalli selaku Raja Selayar untuk melakukan
penyerahan kepemimpinan ke-Opu-an di Selayar karena La Mappanyukki
Datu Lolo Suppa dipandang sebagai satu-satunya yang pantas dan mampu
menduduki jabatan sebagai Raja di Selayar sedangkan anak tetuanya yang
bernama Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no masih Balita. Mahalang Daeng
Mattalli hanya memfokuskan dirinya mengerjakan urusan penyelenggaran adat dan
keagamaan kerajaan saja.
La Mappanyukki Datu
Lolo Suppa dipandang sebagai satu-satunya yang pantas dan mampu menduduki
jabatan sebagai Raja di Selayar ini di karenakan Ibu Opu Jangkiong Daeng
Ma’bunga, Opu Silajara III, Raja Selayar ke 10 (Istri La
Halang Daeng Ri Monsong Opu Mare-Mare Opu Silajara II, Raja Selayar ke 9)
adalah anak dari Lamappepenning Daeng Makkuling Petta Ponggawa Bone dan
merupakan saudara La Tenri Tappu Mangku Bone dan juga merupakan
Kakek Buyut atau orang tua dari Kakeknya La Mappanyukki
Datu Lolo Suppa dari pihak Ibu.
Pada tahun 1907 La Mappanyukki Datu Lolo Suppa di angkat menjadi Raja Selayar menggatikan Mahalang Daeng Mattalli dengan gelar Datu Silaja Raja Selayar ke 12.
La Mappanyukki Datu Lolo Suppa menduduki jabatan sebagai Raja Selayar sampai pada tahun 1946 dan berahir bersamaan dengan berahirnya jabannya sebagai Mangkau di kerajaan Bone, setelah itu di gantikan oleh Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no sebagai Raja Selayar ke 13 dengan Gelar Opu Silajara V dan pada tanggal 12 April 1948 Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no menjadi Anggota Gabungan Sulawesi Selatan/Dewan Celebes Selatan mewakili Kerajaan Selayar, dan diangkat menjadi Anggota DPRD Propinsi Sulawesi pada tahun 1950 sampai dengan terpilihnya Anggota DPRD hasil pemilihan yang sebenarnya
Pada tahun 1907 La Mappanyukki Datu Lolo Suppa di angkat menjadi Raja Selayar menggatikan Mahalang Daeng Mattalli dengan gelar Datu Silaja, jabatan ini di jabat hingga sampai pada tahun 1946 bersamaan berakhirnya jabatannya sebagai Mangkau di kerajaan Bone, kemudian di gantikan oleh Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no sebagai Raja Selayar dengan Gelar Opu Silajara dan pada tanggal 12 April 1948 Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no sebagai Raja Selayar dengan Gelar Opu Silajara diangkat menjadi anggota Dewan Hadat Tinggi “Gabungan Sulawesi Selatan” atau “Dewan Selebes Selatan” mewakili Kerajaan Selayar. kemudian diangkat menjadi Anggota DPRD Propinsi Sulawesi pada tahun 1950 sampai dengan terpilihnya Anggota DPRD hasil pemilihan yang sebenarnya
Pada tahun 1919 Kedatangan
A.G.H. Hayyun di Selayar, memberi semangat baru dalam pembaharuan di
Selayar, pembentukan lembaga dakwah, pendirian Cabang Muhammadiyah, gerakan
pembaharuan, gerakan pemurnian ajaran Islam, dan membangun kesadaran berfikir hingga membangun kesadaran kolektif dalam pergolakan Perjuangan merebut
dan mempertahankan kemerdekaan RI.
Momen pengangkatan
La
Mappanyukki Datu Lolo Suppa sebagai Raja Selayar serta kedatangan Kedatangan A.G.H. Hayyun memberi semangat baru dalam perjuangan
melawan penjajah Belanda. Diantara golongan bangsawan yang ikut
memperjuangkan kemerdekaan RI tersebut diantaranya H. Densu Daeng Makkuling
Karaeng Ti’no Opu Silajara V, Raja Selayar yang ke 13 bersama saudara dan beberapa keluarga dan kerabat lainnya.
Benih-benih
perlawanan H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no dan bergabungnya para pemuda
dalam pergerakan dan perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI di
latarbelakangi dengan kenyataan bahwa kebaradaan Opu Silajara sebagai Raja
Selayar yang kehilangan tahta,
keberadaanya antara ada dan tiada, ini disebabkan karena kesinambungan penerus
tahta Kerjaan Selayar terus berlangsung akan tetapi raja yang bertahta tidak
mempunyai kedaulatan di wilayah kepulauan Selayar, Hal terjadi karena semua
opu-opu yang yang menjadi daerah kekuasaanya tunduk dan diangkat oleh
VOC/Belanda.
Selain itu
terdapat juga persyaratan setiap anak Opu dan tokoh masyarakat yang
berkeinginan mengenyam pendidikan di Hollandsch
Inlandsche School (HIS) di Makassar harus menyertakan silsillahnya
dengan melampirkan daftar kekayaan orang tuanya di luar harta kerajaan.
Hollandsch Inlandsche School (HIS) ini merupakan sekolah dasar yang ditempuh
dalam waktu tujuh tahun dan yang bisa bersekolah di sini hanya orang pribumi
keturunan bangsawan atau tokoh terkemuka. Walaupun H. Densu Daeng Makkuling
Karaeng Ti’no tidak menyukai persyaratan
ini, karena pendidikan dianggap penting dalam membela bangsanya maka H. Densu
Daeng Makkuling Karaeng Ti’no tetap
mengikuti pendidikan di Hollandsch Inlandsche
School (HIS) yang di kenal masyarakat pada waktu itu disebut sekolah raja di
Makassar dan H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no merupakan pribumi pertama dari Selayar yang bisa diterima
di sekolah tersebut dan lulus pada tahun 1927.
Selama menjalani
pendidikan di Hollandsch Inlandsche School (HIS)
pihak belanda melarang semua orang termasuk semua sepupunya untuk menjeguknya termasuk memegang pagar
sekolahnyapun tidak diperbolehkan. Perlakuan ini sangat bertentangan dengan
hati nurani H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no, sehingga menambah rasa
nasionalismenya.
Setelah tammat di Hollandsch Inlandsche School (HIS) pada tahun
1927, H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no di minta oleh pemerintah Belanda
untuk melanjutkan sekolahnya di negeri Belanda akan tetapi permintaan ini di
tolak oleh H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no dan lebih memilih untuk
menjadi Juru Tulis Opu Regan Van Bonea yang merupakan pamannya sendiri.
Setelah mendengar
berita bahwa ada pergerakan perjuangan kemerdekaan di Tanah Jawa, maka H. Densu
Daeng Makkuling Karaeng Ti’no menyuruh saudara-saudaranya pergi ke Tanah Jawa
untuk bergabung dengan para perjuangan
pergerakan kemerdekaan yang dipimpin oleh
Safruddin Prawira Negara di antara saudaranya yang berangkat ke Tanah
Jawa adalah Denri Daeng Mallabasa, Ibrahim Daeng Maratang Karaeng Bontosunggu
dan Jarialang Daeng Ritanngnga, dan kemudian hari Jarialang Daeng Ritangnga
kembali ke Makassar dengan membawa misi perjuangan di wilayah Sulawesi khusunya
Sulawesi bagian selatan.
Pada tanggal 1
Januari 1930 sampai dengan tanggal 31 Desember1940, H. Densu Daeng Makkuling
Karaeng Ti’no diangkat menjadi pegawai negeri dengan jabatan sebagai CLERK
(Sekertaris Kantor), ini di lakukan agar dapat mengetahui rahasia pergerakan
Belanda.
Beberapa daerah
yang pernah ditempati sebagai pegawai negeri dengan jabatan sebagai CLERK
diantaranya Jeneponto, Makassar, Barru, Sungguminasa, Watampone, Soppeng, dan
Selayar. Selama menjadi Pegawai Negeri H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no
selalu berkordianasi dan memberi informasi kepada pemuda pergerakan tentang pergerakan Belanda. Dalam kurung
waktu itu juga H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no sampai tiga belas kali di
masukkan ke penjara dengan tuduhan ikut membantu pergerakan dan perjuangan
kemerdekaan RI.
Kedatangan
Muhammadiya di Selayar yang dibawa A.G.H. Hayyun ikut membantu memperluas pemahaman tentang pentingnya Pergerakan
merebut kemerdekaan Indonesia di kalangan pemuda Selayar.
H. Densu Daeng
Makkuling Karaeng Ti’no setelah keluar dari penjara, maka H. Densu Daeng
Makkuling Karaeng Ti’no langsung bersinergi dengan A.G.H. Hayyun dan ketika
AGH. Hayyun ingin bertemu dengan Opu Bontobangun pada saat pemuda pergerakan berhadap-hadapan
dengan pemuda yang membackup pemerintahan Opu Bontobangun di jembatan
giring-giring sebelah selatan Kota Benteng, maka H. Densu Daeng Makkuling
Karaeng Ti’no turun tangan dan mengantar langsung AGH. Hayyun bertemu dengan
Opu Bontobangun dengan memboncengnya dengan sepeda hal ini dilakukan untuk
mencegah agar pertumpahan darah tidak terjadi.
Pada tanggal 16
Agustus 1945 H. Densu Daeng Makkuling
Karaeng Ti’no memerintahkan kepada sepupuh dua kalinya Bapak Sarepe’ (Tetta
Epe’ dari Kampung Para’, ayah kandung dari Bapak Sirajuddin Sarepe Ex Kanwil
Depnaker Sulsel terakhir sebelum otonomi daerah) untuk mengibarkan Benderah
Merah Putih di kampung Buloiya (salah satu kampung di desa Bontoborusu,
Kecamatan Bontoharu). Pengibaran bendera ini di lakukan di halaman rumah Daeng
Raja (tokoh pejuang, kakek dari Bapak Hasnur Kepala Desa Bontoborusu). Setelah
benderah Merah Putih berkibar, satu jam kemudian datanglah Polisi Belanda
menggrebek kampung Buloiya, dan para
pemuda dengan sigapnya dapat menyembunyikan Bendera tersebut sehingga terhindar
dari pembumihangusan oleh Polisi Belanda
Peristiwa inilah
menjadikan H. Densu Daeng Makkuling
Karaeng Ti’no di tangkap dan dikirim ke Penjara Bone bersama tokoh-tokoh
politik lainnya. Di dalam penjara tersebut H. Densu Daeng Makkuling Karaeng
Ti’no berada satu sel dengan paman Jendral M. Yusuf. Pada saat pembumihangusan
(dibakar) penjara di Bone yang sempat lolos hanya mereka berdua dan langsung ke
kajuara lewat pantai dari situlah H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no
diseberangkan ke Selayar.
Selama pergerakan
dan perjuangan para pemuda Selayar, semua kebutuhan hidup dan keamanannya baik
didalam hutan maupun pergerakan ditengah-tengah masyarakat di backup oleh H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no,
hal ini sesuai dengan pernyataan H. Balasong pada saat di kebumikannya Alm. H.
Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no di Pekuburan Umum Panaikan Makassar pada
tahun 1993 berikut pernyataannya :
“ |
diantara keluarga yang hadir bahwa sayalah tertua
disini, yang baru saja kita kebumikan ini, beliau orang tua saya dan juga
kakak saya dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia,
bahwa saya tidak mungkin ada berdiri disini tampa beliau bersama kawan-kawan
seperjuangan tidak ada yang bisa hidup seorang pemuda yang sampai saat ini
karena salama dalam perjuangan, beliau menghidupi dan mengamankan kami baik
dalam hutan maupun bergelirya di tengah masyarakat beliaulah yang menghidupi
kami dan menyelamatkan kami dari pengepungan Belanda ” [20]. |
Berita tentang proklamasi kemerdekaan
Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945, secara resmi diketahui oleh rakyat di
Sulawesi Selatan setelah delegasi dari Sulawesi ke sidang PPKI (Panitia
Persiapan Kemerdekaan Indonesia) kembali dari Jakarta dan tiba di Makassar pada
24 Agustus 1945. Delegasi Sulawesi yang terdiri atas Dr. Ratulangi dan Andi
Pangerang Petta Rani, yang didampingi oleh Mr. Zainal Abidin dan Andi Sultan
Daeng Radja, selain membawa berita resmi tentang proklamasi kemerdekaan, mereka
juga membawa berita tentang pembentukan pemerintah Republik Indonesia dan
pengangkatan Ratulangi sebagai Gubernur Provinsi Sulawesi.
Bersamaan dengan
itu Djarialang Daeng Ritangnga (Adik Bungsu H. Densu Daeng Makkuling Karaeng
Ti’no) kembali ke Makassar dengan membawa misi perjuangan di wilayah Sulawesi
khusunya Sulawesi bagian selatan, datanglah undangan dari Alm. Bapak Lanto
Daeng Pasewang (ex Gubernur Sulawesi yang ke tiga) disampaikan kepada
Djarialang Daeng Ritangnga untuk mengadakan rapat rahasia pada masa itu di Jl.
Maradekaya di sekolah rakyat di samping komplek PTT di Makassar.
Berikutnya
menyususul lagi kurir bapak Alm. Bung Karno yang bernama M. Dahlan untuk untuk
mengadakan kursus kilat dan cara
melaksanakan perjuangan Bangsa Indonesia yang dihadiri oleh segelintir pejuang
Sulawesi, termasuk Alm. Bapak Kapten H.
Mangun Karim yang
berasal dari Bantaeng, sejak dari situlah Djarialang masuk menjadi anggota PNI
(Persatuan Nasional Indonesia) yang di ketuai oleh RS. Ratulangi (eks Guberniur
pertama Sulawesi).
Pada tahun 1946
datang utusan dari Pusat Jakarta yang bernama Saparuddin, tidak lama kemudian
datang lagi membawa mandat penuh yaitu Badan Rahasia Negara Indonesia (BRNI)
yang dipimpin Alm. Bapak Dalenggono yang berpusat di Jakarta dengan nama
samaran S. Kadir (Selayar Kemerdekaan Intra Dalam Indonesia Raya) dengan nama
sebenarnya adalah Djarialang Daeng Ritangnga dan tugas itu dicium oleh penjajah
Belanda, maka masuklah Djarialang Daeng Ritangnga anggota PPNI (Persekutuan
Pemuda Nasional Indonesia) yang dipimpin oleh Sultan Sunardi yang berkedudukan
di Makassar.
Disinilah
Djarialang Daeng Ritangnga mulai bekerja dan di tugaskan kedaratan Selayar
untuk membentuk cabang cabang PPNI sekaligus
mendidik para pemuda yang termasuk anggota PPNI. Pada waktu itupulah-lah
Djarialang Daeng Ritangnga menghubungi pimpinan AMRIS (Anggkatan Muda Republik
Indonesia Selayar) Bapak Alm. Mappaiman
yang mana beliu ini adalah calon kuat kepala Distrik Onto. Dan menurut
pandangan beliau dengan pengarahan yang tepat Djarialang Daeng Ritangnga harus
tinggal di Onto itu tepatnya di daerah Lombeh Onto.
Djarialang Daeng
Ritangnga serta didampingi oleh anak beliu sendiri yang bernama Andi Ahmad,
Djarialang Daeng Ritangnga bersama rekan-rekannya memulai pergerakan mulai dari
Distrik Onto, Batang Mata, dan Buki setelah latihan berlangsung kira-kira 20
hari lamanya datanglah polisi penjajah Belanda menangkap Djarialang Daeng
Ritangnga serta disel selanjutnya
dikirim ke Makassar. Pada tahun 1948 Djarialang Daeng Ritangnga masuk anggota
LPRIS (Laskar Pemberontak Rakyat Indonesia Sulawesi) yang dipimpin oleh alm AR. Tado. Telah
demikian Djarialang Daeng Ritangnga bersama-sama Bapak Abdul Kadir membentuk
satu gabuangan organisasi yang bernama
Gabungan Organisasi Tani Indonesia (GBTI) dan beberapa pengurus antara
lain :
Ketua |
: |
Abdul Kadir |
Wakil Ketua |
: |
Raden Suparto |
Sekertaris |
: |
Djarialang Daeng
Ritangnga |
Bendahara |
: |
C. Saharibulan |
Organisasi ini
meliputi Kabupaten Maros, Kabupaten Pakajene, Kabupaten Pinrang, dan Selayar,
dan Kabupten Selayar dipimpin oleh H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no
dengan nama Organisasi Partai Persatuan Hati Indonesia Selayar yang berpusat di
Mare-Mare. Dengan Sekretarisnya Ibu Sitti Kasuma Daeng Kanan dan dikemudian
hari menjadi suami istri yang melahirkan Ahmad Rifai Daeng Sirama Patta Kantoro
(Ahmad Densu). Organisasi ini didirikan tahun 1947. Pada tahun 1950 Djarialang Daeng Ritangnga
ditugaskan oleh R.S. Efendi untuk memimpin Persatuan Bekas Pejuang Bersenjata
Seluruh Indonesia PB PBSI di bawah naungan Alm. Jenderal Sudirman yang
berkedudukan di Jalan Pegansaan Timur Jakarta. Organisasi ini meliputi Kabupaten Makassar, Gowa, Takalar, Bantaeng
dan Selayar.
Dengan adanya
Poklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia kemudian disusul dengan
dikeluakannya Undang-Undang nomor 1 Tahun 1945 tentang Peraturan Mengenai
Kedudukan Komite Nasional Daerah, setelah itu disusul lagi keputusan Rapat PPKI
tanggal 19 Agustus 1945 menetapkan daerah Indonesia dibagi menjadi delapan
Propinsi dan masing-masing dipimpin seorang Gubernur, daerah Propinsi dibagi ke
dalam beberapa kresidenan dan dikepalai seorang Residen, Gubernur dan Residen
dibantu oleh Komite Nasional Indonesia Daerah (KNID). Pada hari yang sama
Presiden melantik para Gubernur termasuk Gubernur Dr.GSSJ. Ratulangi menjalankan
pemerintahannya sebagai Gubernur Sulawesi semenjak 5 september 1945 hanya dapat
menjalankan pemerintahan selama tujuh bulan karena Belanda bergegas ke Makassar
dan pada tanggal 5 April 1945 Gubernur Dr.GSSJ. Ratulangi bersama
rekan-rekannya di tangkap oleh NIKA dan ditahan di Rantepao kemudian diasingkan
ke Serui Papua.
Hadirnya Belanda
kembali, mendapat penolakan dari sebagian besar rakyat Indonesia, sehingga H.
J. van Mook, wakil pemerintah Belanda di Indonesia merancang suatu strategi
politik untuk memulihkan kembali kedudukan kekuasaan pemerintah kolonial
Belanda di wilayah bekas jajahannya (Hindia Belanda), termasuk di Sulawesi
Selatan. Strategi politik itu dikenal dengan gagasan negara federal.
Sebelum Sulawesi
Selatan menjadi bagian dari wilayah NIT dan Republik
Indonesia, pada tahun 1938 Benlanda telah membentuk sebuah
Gubernuran dengan nama Gubernuran Timur Raya yang beribukota di
Makassar, kemudian Sulawesi Selatan dijadikan sebuah Residen dan Selayar
diposisikan sebagai Onderafdeeling dibawan kontrol Afdeeling Bontain.
Pada tanggal 25 Februari
1946, Residen Selebes Selatan (Belanda) membentuk Dewan Penasehat/Dewan
Sementara untuk Masa Bhakti sampai 23 Mei 1949 dan beranggotakan 30 orang
dari 30 Swapraja.dari daerah Sulawesi Selatan yang di ketuai oleh Residen
sendiri.
Pada tanggal 11 Desember 1946 Pasukan dipimpin Kapten Raymond
Westerling melakukan operasi militer di kenal dengan Peristiwa
Korban 40.000 Jiwa di Sulawesi Selatan. Setelah
Westerling merasa bisa membersihkan Makassar, operasi dilanjutkan di daerah di
luar Makassar. Raja Bone Andi Pabbenteng beserta aparatnya berhasil
melakukan negoisasi dan pembicaraan mendalam agar niat untuk melakukan operasi
militer di hentikan minimal tidak masuk di wilayah Bone.
Pada tanggal 12 April 1948 Residen Sulawesi Selatan mengundang para raja dan pimpinan hadat untuk mengadakan pertemuan di Sengkang untuk membicarakan Pembentukan Gabungan Sulawesi Selatan. Dalam pertemuan itu, para Raja dan Pimpinan Hadat menyepakati beberapa kesepakatan antara lain :
- Menyetujui Pembentukan “Gabungan Sulawesi Selatan” atau “Dewan Selebes Selatan” yang beranggotakan 30 Swapraja (Kerajaan) dari Swapraja yang pernah disahkan oleh Residen Selebes Selatan sebelumnya yang meliputi Gowa, Bone, Luwu, Wajo, Soppeng, Sidenreng, Rappang, Suppa, Sawitto, Mallusetasi, Barru, Tanete, Soppeng Riaja, Kassa, Batulappa, Alla, Enrekang, Maiwa, Maluwa, Buntu Batu, Majene, Pambuang, Balangnipa, Binuang, Cenrana, Tappalang, Mamuju, Tanah Toraja, Buton, dan Laiwui..
- Menyetujui dimasukkannya sembilan Swapraja yang dulu kontrol langsung oleh Belanda menjadi anggota baru “Gabungan Sulawesi Selatan” atau “Dewan Selebes Selatan” ke sembilan Swapraja tersebut meliputi Pangkajene, Maros, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai, Selayar, dan Mekongga Kolaka. Untuk Swapraja Selayar di jabat oleh H. Densu Daeng Makkuling Kraeng Ti’no selaku Raja Selayar
- Menyetujui pembentukan Dewan Pelaksana Harian/Dewan Adat Tinggi “Gabungan Sulawesi Selatan” atau “Dewan Selebes Selatan” sebanyak 15 orang dan berindak sebagai Dewan Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan menggatikan Residen Selebes Selatan bentukan Belanda
Menunjuk
15 orang sebagai anggota Dewan Pelaksana Harian Dewan Adat Tinggi Gabungan
Sulawesi Selatan dengan susunan sebagai berikut:
Ketua |
: |
1. Raja
Bone Andi Pabbenteng |
||
|
|
|
||
Ketua Muda |
: |
2. Raja
Gowa Andi Idjo Karaeng Lalolang |
||
|
|
|
||
Angota-anggota |
: |
3. Andi
Singke, 4. Andi
Mappatoba, 5. Andi
Tjalla, 6. Andi
Mangkona, 7. Abdoelgani, |
8. Andi
Tjalo, 9. Andi
Moh. Tahir, 10. Kamba, 11. La Magga, 12. Andi
Borahima, |
13. Andi Lolo, 14. Sultan
Buton, 15. Sapati
Kendari |
Pengukuhan anggota “Gabungan
Sulawesi Selatan” atau “Dewan Selebes Selatan” dan Dewan Pelaksana Harian/Dewan
Adat Tinggi “Gabungan Sulawesi Selatan” atau “Dewan Selebes
Selatan” berlangsung pada tanggal 18 Oktober 1948 di Kota Watampone.
Pada 12 November
1948 Residen Sulawesi Selatan Dr. J. van der Zwaal atas nama Pemerintah
NIT di Makassar melantik Dewan Pelaksana Harian/Dewan Adat Tinggi
“Gabungan Sulawesi Selatan” atau “Dewan Selebes Selatan” sebagai Pemerintah
Daerah Sulawesi Selatan.
Pada tanggal 26 April 1950
Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan dan Dewan Sulawesi Selatan, yang
masing-masing diwakili oleh Andi Idjo Karaeng Kalolang (Ketua Muda Hadat Tinggi
Sulawesi Selatan) dan Andi Burhanuddin (Ketua Dewan /DPRD Sulawesi Selatan),
mengeluarkan pernyataan bahwa sesuai dengan kehendak rakyat Sulawesi Selatan,
dengan ini mengatakan bahwa Sulawesi Selatan lepas dari NIT dan menggabungkan
diri dengan Republik Indonesia sebagai satu provinsi.
Pada tanggal 1
Maret 1951 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Propinsi Sulawesi mengadakan rapat
yang dihadiri oleh 27 anggota, hasil
rapat tersebut memutuskan untuk
membubarkan ikatan Daerah Sulawesi Selatan (Dewan Adat Tinggi). Agar supaya
Ikatan daerah itu dibagi menjadi beberapa kabupaten-kabupaten, yang langsung di
bawah Propinsi, begitu juga membubarkan Dewan Pemerintah Daerahnya (Dewan
Pelaksana Harian Dewan Adat Tinggi Gabungan Sulawesi Selatan) dengan mengangkat
untuk sementara waktu satu Dewan Pemerintah baru, yang diberi tugas menjalankan
likwidasi pemerintahan di daerah Sulawesi Selatan. Selain itu ada 31 (tiga
puluh satu) anggota mengundurkan diri yang kemudian kembali kenegrinya
mempersiapkan pembentukan Kabupaten-kabupaten di bawa naungan Provinsi
Sulawesi.
Seiring
dengan terdorong oleh terbentuknya Negara Republik
Indonesia Serikat ke arah suatu Negara Kesatuan Republik Indonesia, Presiden
Indonesia Serikat Menimbang Bahwa
menjelang berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang terbagi atas
daerah-daerah otonom, dipandang perlu untuk membentuk daerah-daerah propinsi
sebagai persiapan pembentukan daerah-daerah otonom maka ada tanggal 14 Agustus
1950 terbit Peraturan Pemerintah No. 21/1950. yang kemudian melahirkan daerah
Propinsi Sulawesi, maka Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Selebes Selatan berlanjut menjadi DPRD
Propinsi Sulawesi yang berkedudukan di Makassar mengingat ketentuan peralihan dalam pasal 34 ayat 2 jo.
ayat 3 ditetapkan berjalan terus. Maka sejak tanggal 14 Agustus 1950 H. Densu
Daeng Makkuling diangkat secara resmi sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat
Daerah Propinsi Sulawesi yang berkedudukan di Kota Makassar.
Kemudian pada
tanggal 10 September 1951 Presiden RI mengeluarkan peraturan pemerintah Nomor
56 tahun 1951 tentang pembekuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Dewan
Pemerintah Daerah Sulawesi-Selatan, dalam rangka persiapan pembagian wilayahnya
dalam lingkungan daerah otonom Propinsi Sulawesi.
Terhitung tanggal
1 Juni 1952 H. Densu Daeng Makkuling Karaeng Ti’no diangkat kembali sebagai
Clerk / Sekretaris Kantor dan ditempatkan di Selayar untuk mempersiapkan
pembentukan Kabupaten Selayar. Pada Bulan Juni 1953 kemudian dipindahkan ke
daerah Barru kemudian dipindahkan ke kantor Kab. Daerah Pare-Pare dan di
Pare-Pare dengan misi yang sama. Berhubung usia lanjut maka dengan permintaan
sendiri di pensiunkan pada bulan Juli 1962.
Pada tanggal 4
Juli 1959 Presiden RI mengelauarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor
29 tahun 1959 tentang pembentukan daerah tingkat II di Sulawesi Selatan, yang
kemudian menjadi dasar Pembentukan Kabupaten Selayar.
DAFTAR RAJA-RAJA SELAYAR
|
|
|
|
|
1. |
Opu Daeng Camu’mu’ Raja Selayar ke
1 |
|
|
2. |
La Gojeng Patta Gintung Payung
Tinggia I Raja Selayar ke 2 |
|
|
3. |
Sangkala Daeng Mattola Payung
Tinggia II Raja Selayar ke 3 |
|
|
4. |
Gojeng Daeng Sipattang Payung
Tinggia III Raja Selayar ke 4 |
|
|
5. |
Raja Tua Payung Tinggia IV Raja
Selayar ke 5 |
|
|
6. |
Majunna Payung Tinggia V Raja
Selayar ke 6 |
|
|
7. |
Baso Bingkung Pelaksana Tugas
Payung Tinggia |
|
|
8. |
La Konta Opu Daeng Mamangung Opu
Bonea, Opu Silajara I, Raja Selayar ke
8 |
|
|
9. |
La Halang Daeng Rimongsong Opu
Silajara II, Raja Selayar ke 9 |
|
|
10. |
Jangkiong Daeng Ma’bunga Opu
Silajara III, Raja Selayar ke 10 |
|
|
11. |
Mahalang Daeng Mattali Opu Silajara
IV, Raja Selayar ke 11 |
|
|
12. |
La Mappanyukki Datu Lolo Suppa, Datu Silaja,
Raja Selayar ke 12 |
|
|
13. |
H. Densu Daeng Makkuling Karaeng
Ti’no Opu Silajara V, Raja Selayar ke
13 |
SUMBER : https://mahaputraselayarseketurunan.blogspot.com/search/label/A.%20%20SEJARAH
Comments
Post a Comment