MARIORIAWA

Kecamatan Marioriawa adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Soppeng, yang dahulunya merupakan sebuah kerajaan mandiri dan berdiri sendiri dalam naungan Konfederasi Watansoppeng (Soppeng). Walaupun Mario Riawa berada dalam naungan Konfederasi Watan Soppeng, pada masa pemerintahan La Pawiseang Datu Soppeng VII, Mario Riawa keluar dari konfederasi tersebut dan Mario Riawa bergabung ke dalam Konfederasi Wajo yang pada saat itu dipimpin oleh Arung Matoa Wajo Lataddampare. Marioriawa pada masa itu diperintah oleh Lapaiyyo (Lamappaiyyo) Datu Marioriawa dan dia meninggal di Lagosi (Wajo), sehingga Lapaiyo diberi gelar anumerta yaitu Lapaiyo Datu Marioriawa Matinroe Ri Lagosi, Kerajaan Mario Riawa terdiri dari tiga Pabbicara dan satu Sullewatang, yakni Pabbicara Manorang Salo, Pabbicara Attang Salo, Pabbicara Bulue dan Sullewatang Padali, masing-masing terdiri dari beberapa Matoa. Di Bulue terdapat Matoa Panci, Galungkalungnge. Di Manorang Salo terdapat Matoa Welongnge dan Matoa Tanete, di Attang Salo terdapat Matoa Lompoe, Matoa Kaca, Matoa Pengree dan Matoa Bunne, sedangkan Sullewatang Padali tidak mepunyai Matoa karena posisinya seperti Datu Mario Riawa walaupun statusnya di wilayahnya sama dengan Pabbicara (istilah sekarang walikota administratif). Datu terakhir di Mario Riawa adalah Datu Mappejanci, Pabbicara terakhir di Attang Salo adalah La Pariwusi (Andi Pariwusi Daeng Mapadeng Pabbicara Attang Salo). Pabbicara terakhir di Manorang Salo adalah Andi Meru ( Andi Meru Pabbicara Manorang Salo ).Matoa terakhir di Lompoe adalah Andi Wakka Daeng Mawakka.Matoa terakhir dikaca adalah La Ma'gangka putra sullewatang padali terakhir Lacammu. Matoa Terakhir di Welongnge La Makkarella

Setelah terbentuknya Negara kesatuan republik Indonesia, kerjaan soppeng ikut bergabung dengan Indonesia dan Kerajaan Soppeng pun berubah menjadi Kabupaten Soppeng, maka Status Kerajaan Marioriawa-pun ikut berubah menjadi Kecamatan Mario Riawa, masuk dalam administrasi Kabupaten Soppeng, adapun Pabbicara berubah menjadi kelurahan dan desa, dan seiring dengan adanya pemekaran maka kelurahan dan desapun bertambah sebagai berikut, Kel Manorang Salo, Kelurahan Attang Salo, Kelurahan Batu-batuKelurahan KacaKelurahan Limpomajang, Desa Bulue, Desa LaringgiDesa Panincong, dan Desa Patampanua, dan Desa Tellulimpoe.

Nama-Nama Raja yang pernah memimpin Kerajaan (Akkarungeng) Marioriawa yaitu:

  1. La Botting Langi Datu Tanetelangi kemudian La Botting Langi Datu Tanetelangi menikah dengan Datu Mario (Mariorawa & Marioriwawo masih bersatu)
  2. Datu Mario (istri Labotting Langi) (Mariorawa & Marioriwawo masih bersatu)
  3. We Temma Buleng Malotongnge Datu (Ratu) Marioriawa (anak dari La Panyorong) kemudian We Temma Buleng Malotongnge menikah dengan Sulaedde/ La’de/Ladeng Bolongnge Datu Soppeng IX melahirkan beberapa anak diantaranya La Mata Esso Datu Soppeng ke XII, selanjutnya La Mata Esso Datu Soppeng ke XII menikah dengan We Tenrianiang melahirkan beberapa anak diantaranya We Pawempe, kemudian We Pawempe menikah dengan La Pagemusu Datu Marioriawa
  4. La Lelling Lampe Datu Mariorawa
  5. La Pagemusu Datu Marioriawa, La Pagemusu Datu Marioriawa menikah dengan We Pawempe melahirkan anak I Mataesso atau dikenal Mappaloe Datu Marioriawa
  6. I Mataesso atau dikenal Mappaloe atau I Mapalalla Datu Marioriawa, I Mataesso menikah dengan La Pammase putra Arung Ta (Cucu Pajung Luwu) melahirkan beberapa anak diantaranya 1. La Pateddungi Datu Kajuara. 2. La Temmupage Datu Marioriaw, 3. La Darapung Datu Tampaning, 4. Datu Latumpa
  7. La Temmu Page Matinroe Ri Panci mempunyai anak bernama La Pawellangi Datu Marioriawa
  8. La Pawellangi Datu Marioriawa, La Pawellangi Datu Marioriawa menikah dengan I Tenri Essa Datu Marioriawa
  9. I Tenri Essa Datu Marioriawa, I Tenri Essa Datu Marioriawa menikah dengan La Pawellangi Datu Marioriawa melahirkan anak bernama I Samaelo atau dikenal dengan nama Isamaunru Datu Marioriawa
  10. I Samaelo atau dikenal dengan nama Isamaunru Datu Marioriawa, I Samaelo menikah dengan Labattoa datu Tampaning melahirkan anak 1. La Cake Datu Marioriawa 2. Yatu Petta Walue Datu Mariorawa
  11. La Cake Datu Marioriawa
  12. Yatu Petta Walue Datu Marioriawa, Yatu Petta Walue menikah dengan Latone Datu Soppeng melahirkan anak antara lain : 1. La Mappaiyo Datu Marioriawa, 2. Yabeng Datu Marioriawa
  13. La Mallarangeng,Datu (Raja) Marioriawa merangkap Datu Lompulle dan Datu Marioriwawo menikah dengan I Tenrileleang Pajung Luwu melahirkan anak bernama 1. La Maddusila Karaeng Tanete 2. La Tenrisessu Arung Paccana Datu Marioriawa Opu Cenning Luwu, 2. La Maggalatung, .4. La Samalangi Datu Leworeng
  14. La Tenrisessu Arung Paccana Datu Marioriawa Opu Cenning Luwu (anak La Malarangeng Datu Lompulle dan Datu Marioriawa dengan Istrinya We Tenri Leleang Datu Tanete Pajung Luwu), La Tenrisessu menikah dengan I Pada Punna Bolae Ri Silaja melahirkan 1. La Makkarakalangi Baso Tancung (Tanecung) Datu (Raja) Marioriawa, 2. We Asia Datu Lamuru
  15. La Mappaiyo Datu (Raja) Marioriawa MatinroE Ri Lagosi (Tewas Oleh Iparnya sendiri yang bernama I Tenri Dolong), La Mappaiyo kemudian menikah dengan I Tenri Dio di kenal dengan nama ArungngE Ilamming kemudian mempunyai anak bernama 1. La Pangera Daeng Mangati Sullewatang Batu-Batu, 2. La Pagemusu Petta PonggawaE
  16. Yabeng, Datu (Ratu) Marioriawa Attang Salo, Yabeng menikah dengan La Maggalatung melahirkan anak antara lain 1. La Sumampa Datu Marioriawa dan Datu Panincong 2. I Dulu Datu Marioriawa
  17. La Sumampa (Petta Jangko) Datu Marioriawa
  18. I Dulu Datu Marioriawa, I Dulu menikah dengan La Makkarakalangi Baso Tancung (Tanecung) Datu (Raja) Marioriawa
  19. La Makkarakalangi Baso Tancung (Tanecung) Datu (Raja) Marioriawa menikah, La Makkarakalangi Baso Tancung dengan I Dulu Datu Marioriawa melahirkan bebepara anak diantaranya 1. Lakoro Arung Padali, 2. I Bau Datu Tempe, kemudian Ibau Datu Tempe menikah dengan La Patongai Datu Lompulle melahirkan anak bernama La Passamula Datu Mariorawa MatinroE ri Batubatu, Merangkap Datu Lompulle, Ranreng Talotenre dan Arung Matowa (Raja) Wajo, kemudian La Makkarakalangi Baso Tancung menikah lagi dengan Ininong melahirkan anak bernama We Pada Datu Marioriawa
  20. La Koro Arung Padali Datu Marioriawa tahun 1885-1891 Merangkap Batara Wajo/Arungmatowa (Raja) Wajo XLI
  21. La Passamula Datu Mariorawa MatinroE ri Batubatu tahun 1892-1897, Merangkap Datu Lompulle, Ranreng Talotenre dan Arung Matowa (Raja) Wajo, La Passamula menikah dengan We Jenna melahirkan anak bernama La Mappe Datu Marioriawa
  22. We Pada Datu Marioriawa, We Pada menikah dengan La Mappatola Datu Bakke melahirkan beberapa anak antara lain 1. La Malleleang Datu Marioriawa, 2. Dara Walie Datu Marioriawa, 3. La Paselleang Datu Mariorawa
  23. Dara Walie Datu Marioriawa,
  24. La Mappe Datu Marioriawa Tahun 1900-1911, La Mappe menikah dengan We Besse Punna Bolae ri Silaja melahirkan anak bernama Isa Arung Padali kemudian Isa Arung Padali menikah dengan Andi Wana Datu Soppeng melahirkan beberapa anak antara lain 1. Andi Muhammad Galib / Datu Galibe Datu Marioriawa. 2. We Tenri Dio Datu Lompulle kemudian menikah dengan Andi Muhammad Tahir Petta Enrekeng melahirkan anak Andi Mappejanci Datu Marioriawa Merangkap Datu Soppeng XXXVII
  25. La Marola Datu Marioriawa (anak La Palloge Petta Watanglipu)
  26. La Malleleang Datu (Raja) Mario Riawa Attassalo, La Malleleang menikah dengan I Tenri Lawa Arung Liu melahirkan anak bernama Andi Makkaraka Ranreng Bentengpola kemudian Andi Makkaraka menikah dengan I Laje Petta Ecce melahirkan anak Andi Mungkace Datu Marioriawa
  27. La Paselleang Datu Mariorawa
  28. Andi Mungkace Datu Marioriawa
  29. Andi Mangkona Datu Marioriawa Petta Arung Matoa (Raja) Wajo ke-45 periode 1933-1949 kemudian menikah dengan Andi Addiluwu (Datu Addi') Datu Watu dan mempunyai anak bernama Andi Muhammad Arsad (Datu Sade’) Datu Marioriawa
  30. Andi Muhammad Arsad (Datu Sade’) Datu Marioriawa
  31. Andi Galibe Datu Marioriawa (Datu Soppeng XXXVI)
  32. Andi Mappejanci Datu Marioriawa Merangkap Datu Soppeng XXXVII

Nama-Nama Pejabat Yang Perna Meduduki Jabatan Pabbicara (Kepala Pengadilan Merangkap Kepala Pemerintahan/Wanua) Di Attang Salo Marioriawa

  1. Dg Mamalu Petta Pabbicara (Kepala Pengadilan Merangkap Kepala Pemerintahan/Wanua) ri Attang Salo Marioriawa (Putra dari Lapagemusu Petta PonggawaE anak La Mappaiyo Datu (Raja) Marioriawa MatinroE Ri Lagosi
  2. Dg MappilE Petta Pabbicara (Kepala Pengadilan Merangkap Kepala Pemerintahan/Wanua) ri Attang Salo Marioriawa Putra dari Dg. Mamalu Petta Pabbicara Attang Salo Marioriawa
  3. Dg Pawellang Petta Pabbicara (Hakim Pengadilan Perdata/Merangkap Kepala Pemerintahan/Wanua) ri Attang Salo Marioriawa III, Putra dari Dg MappilE Petta Pabbicara Attang Salo Marioriawa
  4. Andi Pariwusi Dg Mapadeng Petta Pabbicara (Hakim Pengadilan Perdata/Merangkap Kepala Pemerintahan) ri Attang Salo Marioriawa IV, Putra dari Dg Pawellang Petta Pabbicara Attang Salo Marioriawa

Nama-Nama Pejabat Yang Perna Meduduki Jabatan Yang Dipertua Negeri (Matoa) Di LompoE, Attang Salo, Marioriawa

  1. Andi Baji (Pung Baji) Matoa (Yang Dipertua Negeri) Lompo’E (anak dari Perkawinan La PabEangi Arung Ganra SullE Datu (Wakil Raja) Soppeng Dengan I Tenriwatu Sultanah Zaenab Datu (Ratu) Soppeng XXXIV), menjabat pada Tahun 1885-1915
  2. Andi Wakka Dg Mawakkang (Pung Wakka) Matoa (Yang Dipertua Negeri) Lompo’E (anak Dari Andi Baji (Pung Baji) Matoa Lompo’E), Menjabat pada Tahun 1915-1949


Permandian Air Panas Wae Bebbae Lejja


Tempat wisata   Pemandian Air Panas Wae Bebbae Lejja dan biasa hanya di kenal dengan nama Permandian Air Panas Lejja saja. Di lokasi ini   ada permandian air panas  mengandung belerang dan memiliki suhu sekitar 65 derajat C dan kandungan Sulfur 1,5% yang berkhasiat menyembuhkan penyakit rematik dan gatal-gatal,

Asal mula penamaan Lejja dan mitos yang menyelimutinya disebabkan dengan adanya kebiasaan masyarakat Marioriawa terutama para keturunan Datu Marioriawa dan Keturunan Datu Kajuara yang gemar merantau.

Apabila hendak merantau, sebelum berangkat, mereka datang menziarahi leluhur mereka di Komplek Pekuburan para Raja-Raja Marioriawa di JerakE Madining, ke esokan harinya mereka mendatangi lagi leluhur mereka di Komplek Pekuburan para Raja-Raja Marioriawa di JerakE Mario di Panci, kemudian dilanjutkan ke Komplek Pekuburan para Raja-Raja Kajuara di Desa Bulue,sepulang dari ziarah tersebut mereka mampir mandi-mandi Permandian Wae Bebbae yang berlokasi tengah hutan kemiri.sambil merebus telur di mata air permandian tersebut. setelah hendak pulang mereka (yang hendak merantau) menggantung sebuah batu di dahan pohon yang berada diarea permandian tersebut sambil berucap " Narekko ololongengngi aga usappae ri sompereng lesukka Lejja-i paimeng, lesu cemme-cemme nennia bukka paimeng Batue " (Jika saya berhasil dan mendapatkan apa yang saya cita-citakan di negeri rantau saya akan datang kembali (Lejja-i) mandi-mandi dan dan membuka kembali ikatannya Batu ini). dari kata "lejja" inilah yang kelak menjadi nama tempat pemukiman disekitar permandian tersebut.

Seiring dengan perjalan waktu pada tahun 1996 Kawasan ini berstatus hutan lindung berdasarkan SK. Menhut No. 636/Kpts-II/1996 tanggal 7 Oktober 1996. Luas kawasan ini 1.265 ha yang kemudian dilakukan penataan batas, dan luasnya bertambah menjadi 1.318 ha, dan Pemandian Air Panas Wae Bebbae Lejja dibangun dan ditata dan menjadi obyak Wisata. dengan adanya status sebagai tempat wiasa maka kebiasaan masyarakat pun ikut berubah, yang tadinya hanya sebuah ritual ziarah kubur kemudian berkembang dengan berbagai variannya, mulai dari mencari jodoh, menggantung botol dan lain-lain.


Rumah adat Sao Mario

Rumah adat Sao Mario adalah rumah adat dan juga kawasan wisata budaya yang letaknya berada di Kelurahan Manorang Salo, Kecamatan Mario Riawa, Kampung Awakaluku, Kabupaten SoppengSulawesi Selatan.[1]. Jarak kawasan wisata budaya ini dengan kota Watangsoppeng kurang lebih sekitar 32 Km. Rumah adat ini memiliki bentuk seperti sebuah kompleks yang didalamnya terdapat beberapa miniatur rumah adat dari daerah lain di Sulawesi Selatan yaitu rumah adat suku Makassarsuku Bugissuku Mandar dan suku Toraja juga terdapat rumah adat dari Minangkabau dan Batak serta ada juga rumah lontara[2]. Dalam bahasa Bugis rumah adat ini juga biasa disebut dengan "bola seratu" yang artinya adalah rumah seratus. Dikatakan rumah seratus karena rumah ini memiliki 119 tiang. Sudah menjadi ciri khas rumah adat Bugis memiliki banyak tiang penyangga di bawah rumah. Saat ini rumah ini difungsikan sebagai museum tempat menyimpan barang barang antik bernilai tinggi yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri, benda- benda pusaka dan benda benda kerajaan dari beberapa provinsi di Indonesia

Rumah adat Sao Mario berada di Kelurahan Manorang Salo, Marioriawa, Soppeng. Rumah adat Sao Mario didirikan di Batu-Batu, Marioriawa, Soppeng yang berada di sebelah Barat Kelurahan Manorang Salo diatas tanah seluas 12 hektar pada tahun 1990[3]. Batu-Batu adalah nama salah satu kelurahan yang terletak di Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng.

Tempat ini dikenal sebagai tempat asal leluhur raja raja Soppeng. Dahulu nama daerah ini adalah Marioriawa Attangsalo kemudian berubah menjadi Tanete Marioriawa sampai akhirnya menjadi“Batu-Batu” dan nama tersebut tidak pernah diganti lagi. Masyarakat Batu-Batu memiliki mata pencaharian sebagai petani, pegawai, pedagang dan juga nelayan.

Selain rumah adat ini juga terdapat salah satu kawasan wisata yang terkenal di kalangan masyarakat Sulawesi Selatan yaitu permandian air panas Lejja. Lokasinya berada di kawasan hutan lindung yang ada di Desa Bulue tidak jauh dari rumah adat Sao Mario dan berjarak sekitar 44 Km dari pusat kota Soppeng.

Pendiri dan pemilik rumah adat Sao Mario adalah Profesor Mustari Pide [4]. Ia seorang bangsawan berasal dari Batu Batu, Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng yang merantau ke Minangkabau dan menjadi tokoh yang sukses. Ia adalah pendiri sekaligus Rektor dari Universitas Ekasakti. berikut silsillahnya :

  1. La Ttone Datu Soppeng ke 26 menikah dengan Yatu Petta WaluE Datu Marioriawan melahirkan anak bernama La Mappaiyo Datu Marioriawa
  2. La Mappaiyo Datu Marioriawa menikah dengan ArungngE Ilamming We Tenri Dio melahirkan anak 1. La Pangera Daeng Mangati Sullewatang Batu-Batu, 2. La Pagemusu Petta PonggawaE
  3. La Pagemusu Petta PonggawaE menikah dengan I Tenrilawa melahirkan anak bernama Daeng Mamalu Petta Pabbicara Attang Salo Marioriawa
  4. Daeng Mamalu Petta Pabbicara Attang Salo Marioriawa menikah dengan I Tungke melahirkan anak bernama Daeng Mappile Petta Pabbicara Attang Salo Marioriawa
  5. Daeng Mappile Petta Pabbicara Attang Salo Marioriawa menikah dengan I Tenriwaru melahirkan anak Daeng Pawellang Petta Pabbicara Attang Salo Marioriawa
  6. Daeng Pawellang Petta Pabbicara Attang Salo Marioriawa menikah dengan I Temmarunu Daeng Patappa melahirkan enam orang anak diantaranya 1. Andi Toreang Daeng Pagessa, 2. Andi Pariwusi Daeng Mapadeng Petta Pabbicara Attang Salo Marioriawa 3. Andi Tinakka Daeng Paratte, 4 Andi Teru Daeng Palureng, 5. Pung Sua, 6. Andi Bada
  7. Andi Toreang Daeng Pagessa menikah dengan Andi Tahira melahirkan anak bernama Andi Pide
  8. Andi Pide menikah dengan Andi Sitti Roniah melahirkan seorang anak bernama Profesor Mustari Pide
  9. Profesor Mustari Pide menikah dengan istri pertamanya bernama Agusaman, kemudian menikah lagi dengan istri ke duanya bernama Herawati dari Minangkabau, kemudian menikah lagi dengan istri ke tiganya bernama Andi Mihrani Rauf (sepu dua kalinya dari pihak ayahnya) ,

dan Silsillah dari Pihak Ibu sebagai berikut :

  1. Daeng Pawellang Petta Pabbicara Attang Salo Marioriawa menikah dengan I Temmarunu Daeng Patappa melahirkan enam orang anak diantaranya 1. Andi Toreang Daeng Pagessa, 2. Andi Pariwusi Daeng Mapadeng Petta Pabbicara Attang Salo Marioriawa 3. Andi Tinakka Daeng Paratte, 4 Andi Teri Daeng Palureng, 5. Pung Sua, 6. Andi Bada
  2. Andi Bada mempunyai anak bernama Andi Mannan Daeng Pawello, kemudian
  3. Andi Mannan Daeng Pawello menikah dengan Pung Banong melahirkan beberapa anak diantaranya, 1. Andi Rauf Mannan, 2. Hj. Sitti Roniah
  4. Hj. Sitti Roniah menikah dengan Andi Pide melahirkan seorang anak bernama Profesor Mustari Pide
  5. Sedangkan Andi Rauf Mannan menikah dengan Andi Sitti Nrurdalia melahirkan beberapa anak diantaranya bernama bernama Andi Mihrani Rauf istri ke tiganya Profesor Mustari Pide

Ada banyak gelar yang diberikan kepada beliau, oleh Tetua dan Dewan Adat Minangkabau memberikan gelar Datok Rajo Nan Sati kepadanya, Mangaraja Tuongku Mulasontang Siregar dari Batak dan Ketua Forum Pembaruan Kebangsaan Seluruh Etnis Sumatera Barat (Sumbar). Beliau dimakamkan di sekitar Rumah adat Sao Mario yang ia dirikan sebagai kepeduliannya dalam mempertahankan nilai adat dan kebudayaan 

Arsitek tunggal yang merancang rumah adat ini adalah Dr.Ir.H.Bakharani A.Rauf,MT. Selain sebagai arsitek beliau juga adalah seorang Dosen di Universitas Negeri Makassar(UNM). Pada akhir tahun 1989 rumah adat ini mulai dibangun[5].Dr.Ir.H.Bakharani A.Rauf,MT.sendiri adalah adik ifar sekaligus sepupu dua kalinya Profesor Mustari Pide diri pihak ayah dan sepupu sekalinya diri pihak ibu, berikut silsilahnya :

  1. Daeng Pawellang Petta Pabbicara Attang Salo Marioriawa menikah dengan I Temmarunu Daeng Patappa melahirkan enam orang anak diantaranya 1. Andi Toreang Daeng Pagessa, 2. Andi Pariwusi daeng Mapadeng Petta Pabbicara Attang Salo Marioriawa 3. Andi Tinakka Daeng Paratte
  2. Andi Tinakka Daeng Paratte menikah dengan Ibennya Daeng Macenning melahirkan anak bernama Pung Mase
  3. Pung Mase menikah dengan Pung Daude melahirkan anak bernama Hj. Sitti Nurdalia
  4. Hj. Sitti Nurdalia menikah dengan A. Rauf Mannan kakak kandung dari Andi Sitti Roniah melahirkan anak 1. Dr.Ir.H.Bakharani A.Rauf,MT., 2. Andi Mihrani Rauf istri ke tiganya Profesor Mustari Pide

Rumah adat Sao Mario menggunakan desain arsitektur perpaduan dari tradisi Buginese (Batu-Batu, Soppeng dan Minangsih (Minangkabau)[6]. Rumah adat ini berdiri di atas tanah seluas 2 hektar. Panjang dari rumah ini adalah 40 meter dan lebar adalah 14 meter. Terdapat 4 pilar dididepan yang memiliki diameter 50 cm. Kayu yang digunakan adalah dalam bahasa Bugis disebut aju bolong yang artinya kayu hitam[5]. Rumah adat ini mempunyai sistem struktur dan konstruksi yang terdiri dari lima komponen yang dibuat dengan menggunakan sistem lepas pasang dan tidak menggunakan paku dalam pengerjaannya seperti rumah adat Bugis lainnya yaitu,

  1. Rangka utama yaitu tiang dan balok induk, Konstruksi ini menggunakan kayu kelas satu.
  2. Konstruksi lantai ang terbuat dari kayu.
  3. Konstruksi dinding menggunakan kayu kelas dua.
  4. Konstruksi atap, juga menggunakan kayu kelas dua.
  5. Konstruksi tangga, menggunakan kayu kelas dua. Terdapat lima tangga yang ada di rumah adat Sao Mario satu tangga utama di depan rumah dan masing masing dua tangga di samping kiri dan kanan rumah adat [6].

Sebagai rumah adat Bugis ada tiga bagian yang wajib dimiliki oleh rumah adat Sao Mario yang sama dengan rumah adat Bugis pada umumnya Sao Mario dibangun diatas tiang (rumah panggung) yang terdiri atas tiga tingkat yakni bahagian atas, bagian tengah danbagian bawah, yang ma" sing-masing mempunyai fungsi - fungsi khusus

  1. Bagian Atas disebut Rakkeang, bahagian atas rumah, dibawah atap atau bagian atap rumah yang berongga, bahagian ini, dipakai untuk menyimpan padi dan lain-lain persediaan pangan dan juga untuk menyimpan benda-benda pusaka.
  2. Bagian tengah disebut Alebola/Alesao adalah ruangan-ruangan tempat tinggal manusia, yang terbagi-bagi kedalam ruang-ruang khusus, Ruangan ini berfungsi untuk menerima tamu, untuk tidur, untuk makan dan aktifitas dapur
  3. Bagian bawah disebut Awabola/Awasaoadalah bahagian bawah lantai panggung yang.dipakai untuk menyimpan alat - alat pertanian.

Rumah adat Sao Mario adalah rumah yang didiami oleh keluarga kaum bangsawan dengan Ciri-ciri sebagai berikut mempunyai bubungan/Timpa Laja berpetak lima, mempunyai sapana yaitu tangga beralas, dan diatapi di atasnya.


DI SALIN DARI https://id.wikipedia.org/wiki/Marioriawa,_Soppeng




Comments

Popular posts from this blog

MENCARI NEGERI CINA UNTUK WE CUDDAI

BATU-BATU MARIORIAWA ANTARA MITOS DAN FAKTA